Tips Mencegah Mata Buram Akibat Efek Metformin

304 views

Salah satu efek samping metformin adalah mata buram, atau pandangan berkunang-kunang. Mata buram atau mata kabur terjadi akibat kekurangan Vitamin B12 karena Metformin diketahui mengganggu penyerapannya.

Vitamin B12 sangat penting bagi tubuh manusia seperti melindungi sistem saraf dan pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 juga memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan saraf optik.

Saraf optik bertanggung jawab untuk membawa sinyal dari mata ke otak, dan dengan demikian perannya sangat penting dalam menafsirkan pandangan terhadap apa yang Anda lihat.

Kekurangan B12 bisa membuat saraf optik lebih rentan terhadap beberapa masalah yang berhubungan dengan mata, seperti kehilangan penglihatan secara bertahap.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah mata buram akibat efek metformin?

1. Ambil makanan tinggi vitamin B12

Beberapa sumber Vitamin B12 yang baik adalah:

  • Produk susu
  • Hati sapi
  • Ikan laut seperti salmon, sarden, dan kerang
  • Telur
  • Susu kedelai
  • Daging sapi

2. Ambil nutrisi untuk mata

Untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan penglihatan seperti mata kabur, penting untuk menjaga diet Anda. Sayuran berdaun hijau, makanan yang kaya asam lemak omega-3 (ikan berminyak seperti salmon dan tuna), telur, almond dan wortel adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan mata.

3. Senam Mata

Latihan mata dapat membantu mencegah mata kabur, terutama bagi Anda yang kerap berlama-lama di depan HP atau laptop. Di bawah ini adalah beberapa senam mata yang mudah Anda lakukan.

– Regangkan mata Anda

Meregangkan otot-otot mata memberi Anda istirahat dari menatap benda-benda yang sangat dekat dengan layar gadget. Putar mata ke kiri, ke bawah, ke kanan dan kembali ke semula. Putar mata searah jarum jam, lalu berlawanan arah jarum jam selama 10 kali per gerakan.

– Kedipkan mata

Tahukah Anda bahwa mata kurang berkedip cukup sering sering membuat kering, menyebabkan mata tegang, penglihatan kabur, dan sakit kepala? Ini bisa terjadi pada semua orang-orang yang menatap televisi dan layar komputer terlalu lama. Solusinya: kedipkan mata Anda 30-40 kali per jam.

– Refresh mata 10-10-10

Ini tips bagus untuk Anda yang bekerja di laptop dan PC selama berjam-jam. Terlalu fokus pada objek sinar biru tanpa istirahat meningkatkan kemungkinan mata buram dan mata kabur.

Mata Anda perlu istirahat dan refreshing. Caranya, jika tampak gejala mata kabur, lalukan ini: Untuk setiap 10 menit melihat laptop, lalu pindahkan pandangan ke suatu titik sejarak 10 kaki selama 10 detik. Lakukan cara ini sampai mata Anda benar-benar fresh.

Referensi : https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB12-HealthProfessional/

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Pengobatan Alternatif