Sitagliptin Phosphate – Januvia® atau Janumet®

291 views

Sitagliptin phosphate adalah obat anti diabetes dalam bentuk tablet untuk mengobati diabet tipe 2 pada orang tua. Obat ini dikenal merk Januvia®; atau Janumet®, biasanya dikombinasi dengan obat metformin.

Sitagliptin phosphate termasuk obat golongan DPP-4 inhibitor (dipeptidyl peptidase-4 inhibitor) adalah kelas obat diabetes yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2.

Obat golongan ini tidak menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah) dan tidak menyebabkan penambahan berat badan. DPP-4 inhibitor bekerja dengan menggunakan enzim DPP-4 untuk menghambat pemecahan GLP-1, yaitu sebuah hormon inkretin alami yang diproduksi oleh tubuh.

Hormon GLP-1 bersifat menurunkan kadar gula darah. DPP-4 inhibitor memungkinkan GLP-1 untuk tetap aktif lebih lama dan menurunkan kadar gula darah hanya ketika mereka terlalu tinggi.

Cara kerja obat sitagliptin

Sitagliptin phosphate bekerja dengan meningkatkan jumlah insulin dan mengurangi jumlah glukagon yang diproduksi oleh pankreas Anda. Glukagon menyebabkan hati mensekresi lebih banyak gula, sehingga dengan mengurangi jumlah glukagon, tentu saja akan mengurangi tingkat kadar glukosa dalam darah .

Insulin adalah hormon alami dari pankreas untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Jika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup insulin, atau jika tidak bisa menggunakan insulin dengan efektif, ini bisa menyebabkan gangguan endokrin yang disebut penyakit gula (diabetes mellitus).

Aturan minum sitagliptin phosphate

Beberapa obat-obatan tidak cocok untuk orang-orang dengan kondisi tertentu, dan kadang-kadang obat hanya dapat digunakan jika butuh perawatan ekstra. Untuk alasan ini, jangan minum sitagliptin, jika

  • Anda hamil, atau menyusui bayi
  • Anda memiliki masalah ginjal.
  • Anda mengambil obat lain. Ini termasuk obat-obatan diresepkan, non resep, atau obat-obatan herbal.
  • Anda memiliki riwayat alergi obat.

Dosis dan cara minum sitagliptin

Sebelum minum obat, bacalah brosur informasi yang dicetak oleh pabrik di kemasan terkait interaksi, kontra indikasi maupun efek sampingnya.

Minum tablet sitagliptin phosphate seperti saran dokter. Dosis umum adalah satu tablet 100 mg sehari diminum sebelum atau sesudah makan.

Jika Anda telah meresepkan tablet kombinasi sitagliptin (merek Janumet®) dengan metformin, Minum satu tablet dua kali sehari, setelah makan.

Jika Anda lupa dosis sitagliptin, minum segera setelah Anda ingat. Jangan minum obat jika hampir tiba waktunya di dosis berikutnya. Jangan mengambil dua dosis bersamaan untuk mengganti dosis yang terlupakan.

Precautions – tindakan pencegahan

  • Jangan minum alkohol, karena dapat mempengaruhi kontrol gula darah Anda.
  • Pastikan Anda mengenali gejala gula darah rendah. Ini dikenal sebagai hipoglikemia, atau ‘hypo’. Meskipun sitagliptin tidak mungkin menyebabkan gula darah rendah, namun obat-obatan lain bisa menyebabkan. Tanda-tanda pertama hipoglikemia adalah berkeringat, pucat, merasa lapar, jantung berdebar (palpitasi), dan merasa pusing.
  • Jika Anda akan menjalani operasi atau perawatan gigi, beritahu praktisi bahwa Anda mengidap diabetes dan Anda menggunakan sitagliptin phosphate.
    -Jika Anda merasa sangat haus, buang air kecil lebih sering, dan merasa sangat lelah, Anda harus memberi tahu dokter. Ini adalah tanda-tanda bahwa ada terlalu banyak gula dalam darah, pengobatan mungkin perlu disesuaikan.
  • Perawatan diabetes butuh seumur hidup. Terus minum tablet sitagliptin kecuali Anda disarankan untuk stop oleh dokter Anda.

Efek samping sitagliptin dan solusinya

Semua obat-obatan dapat menyebabkan efek samping, namun tidak semua orang mengalaminya. Informasi di bawah ini berisi efek samping sitagliptin secara umum. Temukan daftar lengkap di brosur informasi pabrik yang disertakan dalam obat Anda.

Efek samping sering meningkat saat tubuh Anda menyesuaikan obat baru, tetapi berbicaralah dengan dokter atau apoteker jika Anda memiliki gejala efek berikut

  • Sakit kepala dan nyeri lainnya. Solusinya: Minum banyak air dan minta apoteker untuk memberi obat penghilang rasa sakit yang cocok. Jika rasa sakit terus berlanjut, beritahu dokter Anda.
  • Merasa sakit perut (mual), masuk angin (perut kembung). Solusinya: hindari makanan pedas
  • Infeksi hidung dan tenggorokan, kaki atau pergelangan kaki bengkak. Solusinya: konsultasikan pada dokter Anda

Stop minum sitagliptin dan segera hubungi dokter Anda, jika:

  • nyeri di bagian kiri atas atau tengah perut hingga menyebar ke belakang
  • muntah
  • kehilangan selera makan
  • ruam kulit
  • gatal-gatal
  • pembengkakan wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan
  • kesulitan bernafas atau menelan

Cara menyimpan

  • Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak.
  • Simpan di tempat sejuk dan kering, jauh dari panas dan cahaya langsung.

Kontraindikasi sitagliptin

Perhatian untuk individu dengan riwayat pankreatitis; sitagliptin harus dihentikan jika diduga ada pankreatitis. Meskipun tidak ada data yang menunjukkan bahwa pankreatitis adalah efek kelas dari agen-agen ini, akan lebih bijaksana untuk menghentikan obat jika pankreatitis dicurigai.

Untuk pasien dengan insufisiensi ginjal, penyesuaian dosis sitagliptin phosphate diperlukan dan meminimalkan risiko hipoglikemia. Penting untuk memantau fungsi ginjal, setelah memulai terapi. ( sumber: National Health Institute)

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Obat Diabetes #Pengobatan Diabetes