Cepat Lapar Belum Tentu Gejala Diabetes

377 views

Cepat lapar diabetes. Kenapa saya cepat lapar, apakah itu gejala diabetes? Kenapa diabetes menyebabkan rasa lapar? Apa hubungan diabetes dan rasa lapar?

Apa itu polifagia? Polifagia adalah istilah medis yang digunakan untuk rasa cepat lapar yang ekstrem, dan situasi ini menjadi tanda bahwa Anda harus segera periksa ke dokter.

Tubuh Anda butuh makanan untuk membuat energi, jadi normal munculnya rasa lapar jika Anda tidak makan selama beberapa jam, karena aktifitas Anda menghabiskan energi.

Tapi jika perut Anda terus bergemuruh dan Anda merasa cepat lapar, meskipun setelah Anda makan, ini ada sesuatu yang terjadi dengan kesehatan Anda.

Berikut ada beberapa kondisi kesehatan terkait rasa cepat lapar yang Anda rasakan meski sudah makan

Anda mendapat gejala diabetes

Jika Tubuh Anda sehat, maka tubuh anda akan mengubah gula karbohidrat menjadi bahan bakar yang disebut glukosa. Tapi bila Anda menderita diabetes, glukosa tidak bisa mencapai sel tubuh Anda.

Jika sel-sel tubuh tidak mendapat jatah makan, maka tubuh mengirim sinyal ke otak dan mengira bahwa Anda belum makan dan butuh makan banyak.

Orang yang memiliki diabetes tipe 1, khususnya, mungkin mereka akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar namun tidak menambah berat badan, justru semakin kurus.

Selain rasa cepat lapar, gejala diabetes lainnya termasuk:

–  Kehausan ekstrem
–  Pandangan kabur
– Mudah memar atau luka yang butuh waktu lama untuk sembuh
– Sering kesemutan atau rasa sakit di tangan atau kaki Anda
– Kelelahan

Gula darah Anda rendah

Hipoglikemia adalah situasi yang Anda alami saat glukosa dalam tubuh Anda turun ke tingkat yang sangat rendah, biasa dialami oleh penderita diabetes.

Namun, selain diabetes, ada masalah kesehatan lainnya juga bisa menyebabkan rendahnya gula darah seperti hepatitis, kelainan ginjal, dan gangguan kelenjar adrenal atau kelenjar pituitari.

Pada kasus yang parah, orang dengan hipoglikemia mungkin tampak seperti mabuk.

Gejala lainnya adalah:

– Kegelisahan
– Kulit pucat
– Gemetar
– Berkeringat
– Kesemutan di sekitar mulut

Mungkin Anda Kurang Tidur?

Jika Anda tidak cukup istirahat, itu bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh Anda yang mengendalikan rasa lapar. Orang yang kurang tidur memiliki nafsu makan lebih besar dan merasa lebih sulit untuk merasa kenyang.

Anda juga cenderung menginginkan makanan tinggi lemak dan berkalori tinggi saat Anda lesu.

Gejala kurang tidur adalah:

– Perubahan suasana hati
– Mudah kecelakaan
– Penurunan Berat badan

Mungkin  Anda sedang Stres

Bila Anda cemas atau tegang, tubuh Anda mengeluarkan hormon yang disebut kortisol. Hormon ini membuat perasaan cepat lapar.

Banyak orang yang stres menginginkan makanan tinggi gula, lemak, atau keduanya.

Gejala-gejala meliputi:

– Cepat marah
– Mudah Kelelahan
– Sakit kepala
– Sulit tidur

Mungkin efek diet

Tidak semua makanan mengisi tubuh Anda dengan cara yang sama. Biasanya, ini terjadi pada orang-orang yang menjalani diet tinggi protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, atau produk susu – atau serat tinggi.

Meski Anda makan banyak, Anda akan merasa lapar lagi setelah makan – dan Anda mungkin makan lebih banyak dari aturan yang seharusnya.

Tanda-tanda makanan tidak mengisi di tubuh, termasuk:

– Sembelit
– Kotoran kecil dan keras
– Sakit perut

Mungkin efek obat

Beberapa obat bisa membuat Anda ingin makan lebih banyak dari biasanya. Antihistamin dikenal karena ini adalah SSRI (anti-depressants), steroid, beberapa obat diabetes, dan obat antipsikotik, itu semua bagian obat-obatan yang memicu rasa cepat lapar.

Jika Anda bertambah berat badan sejak Anda menjalani pengobatan suatu penyakit, bisa jadi obat yg Anda konsumsi membuat Anda merasa lapar.

Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui obat lain yang mungkin bekerja untuk Anda.

Mungkin Anda sedang hamil

Banyak ibu-ibu meningkat dalam nafsu makan saat mulai hamil. Inilah adalah cara tubuh Anda memastikan bahwa bayi mendapatkan cukup nutrisi untuk tumbuh.

Kebanyakan wanita mendapatkan tambahan berat antara 4 dan 6 pound selama trimester pertama dan kemudian 1 pound seminggu selama periode kedua dan ketiga.

Anda menderita gangguan Tiroid

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher yang menghasilkan hormon untuk mengendalikan tingkat organ dalam tubuh ketika berfungsi.

Jika tiroid Anda bekerja terlalu cepat, Anda bisa mengalami hipertiroidisme, atau pembesaran kalenjar tiroid, suatu kondisi yang meningkatkan rasa lapar padahal Anda sudah makan.

Selain kelenjar tiroid yang membesar, tanda-tanda hipertiroid lainnya adalah:

– Denyut nadi cepat
– Merasa gugup
– Lebih banyak keringat dari biasanya
– Kelemahan otot
– Haus setelah minum

Mungkin efek Diet Soda?

Banyak orang minum soda bebas gula untuk diet kalori menurunkan berat badan. Tapi gula imitasi dalam minuman ini memberitahu otak Anda agar menambah kalori dengan merangsang sensasi kelaparan.

 

Artikel Diabetes Melitus Lainnya