Cara Tes Gula Darah Yang Benar

401 views

Panduan tentang cara tes gula darah yang benar. Penderita diabetes harus melakukan tes gula darah mereka secara teratur. Hasil tes akan membantu Dokter dan Anda sendiri dalam mengelola diabetes serta menghindari komplikasi.

Tes gula darah memerlukan sebuah perangkat elektronik kecil yang disebut glukosa meter yang akan membaca jumlah gula darah sampel, biasanya diambil dari ujung jari tengah.

Kunjungi Dokter atau ahli kesehatan lainnya untuk mendapat informasi akurat mengenai perangkat tes darah yang sesuai untuk Anda. Mereka juga akan membantu Anda belajar bagaimana menggunakan perangkat tersebut.

Langkah-langkah melakukan tes gula darah

Pertama, baca petunjuk yang tertera di glukosa meter Anda. Secara umum, berikut adalah tahap-tahap tes darah yang perlu Anda ketahui:

1. Mencuci tangan

Cuci dan keringkan jari tangan Anda.

2. Memasukkan strip

Masukkan strip uji ke alat ukur.

3. Menusukkan jarum

Tusukkan sisi ujung jari tengah Anda dengan jarum (lancet) yang tersedia bersama dengan test kit.

4. Memijat sisi jari

Pijat jari Anda dengan lembut hingga keluar setetes darah.

5. Sentuhkan strip

Sentuhkan strip tes ke tetes darah dan tahan

6. Membaca hasil

Baca angka yang tertera di glukometer yang menampilkan kadar glukosa darah Anda di layar monitor kurang dari 15 detik.

Simak ulasan, berapa kadar gula darah yang normal?

7. Membuat log hasil

Catat hasil tes gula darah Anda di notebook.

Setiap kali Anda selesai tes darah, catat itu sebagai log hasil. Catat tanggal, jam, hasil tes, obat, dosis, diet dan informasi aktifitas yang telah Anda kerjakan.

Bawa catatan Anda ke dokter, bicarakan tentang apa yang harus dilakukan dan kapan harus kontrol kembali ketika Anda mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan target Anda.

8. Hindari kesalahan penggunaan alat ukur

Perangkat uji gula darah perlu digunakan dan dipelihara dengan baik. Ikuti tips di bawah ini

– Baca dan ikuti petunjuk penggunaan yang tersedia di perangkat – prosedur dapat bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
– Gunakan ukuran sampel darah seperti yang diarahkan dalam panduan.
– Gunakan strip tes yang hanya dirancang untuk perangkat yang Anda punya.
– Jangan menggunakan test strip yang kadaluarsa.
– Bersihkan perangkat setelah penggunaan.
– Bawa alat tes ke dokter Anda untuk bertanya apapun dan bagaimana cara Anda menggunakan alat uji gula darah yang benar.

Kapan saya harus mengerjakan tes gula darah?

Anda mungkin perlu memeriksa gula darah beberapa kali sehari, seperti: sebelum makan atau olahraga, sebelum tidur, sebelum mengemudi, dan ketika Anda merasa kadar gula darah Anda rendah.

Setiap orang berbeda untuk menentukan waktu tepat untuk uji gula darah sehingga Anda mungkin butuh bantuan dokter untuk menentukan kapan waktunya dan seberapa sering Anda harus memeriksa gula darah Anda sendiri.

Secara umum, frekuensi pengujian tergantung pada jenis diabetes yang Anda miliki dan rencana pengobatan Anda.

1. Untuk penderita diabetes tipe 1.

Jika Anda memiliki diabetes tipe 1, Dokter mungkin menyarankan tes gula darah 4-8 kali sehari . Anda mungkin perlu untuk menguji sebelum makan besar dan snack, sebelum dan sesudah aktifitas, sebelum tidur, dan kadang-kadang pada malam hari.

2. Untuk penderita diabetes tipe 2.

Jika Anda penderita diabetes tipe 2 yang perlu mengambil insulin untuk perawatan, dokter mungkin akan merekomendasikan tes gula darah dua kali atau lebih dalam sehari, tergantung pada jenis dan jumlah insulin yang Anda butuhkan.

Pengujian biasanya dianjurkan sebelum makan, dan kadang-kadang sebelum tidur.

Jika Anda penderita diabetes tipe 2 non-insulin, hanya butuh perawatan dengan diet dan olahraga saja, Anda mungkin tidak perlu menguji gula darah setiap hari.

Jika Anda sakit, Anda mungkin akan perlu uji gula darah lebih sering.

Kapan saya harus menghubungi Dokter terkait hasil tes gula darah ?

Tanyakan kepada dokter tentang jangkauan target gula darah Anda, dan membuat rencana bagaimana cara menangani pembacaan gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dan kapan harus menghubungi dokter.

Pelajari tentang gejala gula darah tinggi atau rendah, dan Anda harus tahu apa yang dapat Anda lakukan jika Anda merasa mulai memiliki gejala hipo atau hiper.

Baca tuntas tentang gejala hipo atau hiperglikemia

Apa saja yang perlu saya catat dari hasil uji gula darah?

Catat dan simpan catatan dari setiap tes darah, urine, atau tes keton. Kebanyakan monitor glukosa juga memiliki memori penyimpan catatan yang dapat mengingatkan Anda dari beberapa masalah.

Catatan hasil pengujian ini akan membantu dokter dan Anda dalam rangka membuat perubahan yang diperlukan seperti rencana makan, obat-obatan, atau rencana aktifitas. Bawa catatan ini setiap kali Anda berkunjung ke dokter.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya