Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Tinggi 400 Mg/Dl

453 views

Gula darah tinggi 400 mg/dl bisa menyebabkan dehidrasi berat meski tanpa ketosis (produksi keton) Kondisi ini disebut Status hiperglikemik hiperosmolar. Jika dibiarkan, status gula darah akan meningkat menjadi di atas 600 mg / dL, paling sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2 saat mengalami sakit atau infeksi.

Ketika gula darah lebih dari 400 mg / dL, langkah-langkah segera perlu diambil untuk mencegah resiko meningkat menjadi Koma Hiperglikemik Hiperosmolar Nonketotik (gula darah sangat tinggi di atas 600 mg/dl).

Gejala dehidrasi pada status gula darah tinggi 400 mg/dl seperti bibir pecah-pecah, urin berwarna kuning gelap, volume urin sangat sedikit, dan tubuh anda tak mampu lagi mengeluarkan keringat. Setelah itu, Anda akan sedikit kehilangan penglihatan, kelelahan ekstrim, kebingungan dan bahkan mengalami halusinasi.

Jika Anda telah didiagnosa dengan diabetes, dokter akan memberikan program rencana gula darah yang sehat dan rekomendasi untuk mengobati dan panduan untuk menurunkan gula darah baik level tinggi  (400 mg/dl) sampai level sangat tinggi (600 mg/dl)

Tips menurunkan gula darah tinggi 400 mg/dl

Berikut adalah beberapa cara umum yang perlu untuk Anda ketahui.

Cara 1 : Tingkatkan dosis obat

Jika dosis biasa dari obat diabetes tidak merespon, tingkatkan dosis ke yg lebih tinggi.

Cara 2: Mengambil insulin kerja cepat

Jika dokter telah meresepkan dosis insulin kerja cepat berdasarkan tingkat gula darah, ambil insulin dengan dosis yang tepat sesuai anjuran. Jika tidak ada perubahan, hubungi dokter untuk minta saran.

Cara 3 : Uji keton

Menguji keton, jika hasil tes keton menunjukkan jumlah sedang sampai tinggi, hubungi dokter untuk minta saran.

Cara 4 : Mengambil insulin ekstra

Jika Anda mengambil insulin ekstra, tunggu 30 menit, lalu periksa gula darah lagi.

Cara 5 : Minum air putih banyak

Jangan lupa, Anda butuh cairan ekstra yang diperlukan untuk mengganti cairan yang hilang melalui urin. Pilih air putih bebas gula. Baca: khasiat ajaib air putih untuk diabetes

Cara 5 : Jika gula darah tidak turun

Jika gejala gula darah tinggi menjadi lebih terlihat atau jika tingkat gula darah terus meningkat,  segera memanggil dokter.

Untuk Anak-anak

Jika gula darah anak Anda terus naik, misalnya, di atas 240 mg / dL, dan jika dia mulai merasa mengantuk atau kehilangan kesadaran, bawa anak Anda ke ruang gawat darurat atau panggilan layanan darurat medis lainnya segera. Jaga anak Anda sampai bantuan darurat tiba.

Untuk Anda orang dewasa

Jika Anda mulai merasa mengantuk atau bingung atau jika gula darah Anda terus meningkat, misalnya, di atas 400 mg / dL, panggilan atau layanan darurat lainnya segera.

Ini adalah langkah terbaik untuk Anda jika gula darah tetap meninggi ditinggikan sehingga orang dapat panggilan untuk Anda.

Jika status gula darah di level sangat tinggi – diatas 600 mg/dl

Ikuti langkah-langkah ini jika gula darah sangat tinggi, misalnya, lebih dari 400 mg / dL pada anak, atau lebih dari 600 mg / dL pada orang dewasa.

Beberapa perangkat tes gula darah hanya membaca tingkat sampai sekitar 400 mg / dL.

Langkah 1 : Periksa ulang gula darah Anda

Setelah tes uji gula darah, cuci jari Anda dengan hati-hati sebelum memeriksa lagi. Kadang-kadang gula pada kulit akan menyebabkan pembacaan glukometer menjadi tinggi.

Langkah 2 : Periksa akurasi perangkat tes gula darah

Jika parameter membaca gula darah sangat tinggi, uji akurasi meter, dan kemudian memeriksa kembali gula darah Anda.

Langkah 3 : Panggil darurat medis

Jika perangkat alat uji masih tetap membaca skala tinggi lagi, hubungi dokter untuk mendapat perawatan darurat.

Episode lanjut setelah gula darah turun

Setelah tingkat gula darah telah kembali ke kisaran target, tetap mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter sesuai jadwal dan memeriksa kadar gula darah seperti yang telah direkomendasikan. Catat semua kejadian dan laporkan ke dokter yang menangani Anda.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Ketoasidosis Diabetikum #Pengobatan Diabetes