Kadar Gula Darah Normal Laki-Laki dan Wanita Dewasa

839 views

Glukosa atau gula darah, merupakan sumber energi bagi tubuh. Sistem endokrin dalam tubuh bertanggung jawab untuk mengatur jumlah glukosa dalam aliran darah. Jika tubuh tidak mampu mengatur jumlah glukosa, berarti Anda menderita diabetes.

Semua tipe diabetes ditandai oleh tingginya tingkat glukosa dalam aliran darah. Sebuah tes darah adalah metode yang paling umum untuk mengevaluasi apakah normal atau tidak tingkat glukosa dalam aliran darah pada pria dan wanita dewasa.

Tes glukosa darah harian

Lonjakan gula darah pada orang normal adalah fluktuatif sepanjang hari. Untuk orang dewasa, angka normal secara umum

– Lonjakan gula darah puasa harus di bawah 100 mg / dl.
– Kadar gula darah normal sebelum makan antara 70-99 mg / dl.
– Gula darah setelah makan, diambil dua jam setelah makan harus kurang dari 140 mg / dl.

Baca: cara tes gula darah

Jika Anda memiliki diabetes, Dokter akan menyarankan Anda menjaga kadar gula darah sebelum makan antara 80-130 mg / dl dan kadar gula 1-2 jam setelah makan di bawah 180.

Tes glukosa darah jangka panjang

Ada juga tes glukosa jangka panjang disebut hemoglobin A1c atau HbA1c, atau hanya disebut A1C. Tes ini memberikan data baca rata-rata selama 2-3 bulan terakhir. HbA1c dinyatakan sebagai persentase.

Untuk orang dewasa non diabetes, kadar gula harus di bawah 5,7%. Sedangkan target gula darah normal untuk orang dengan diabetes dianjurkan pada 7,0% atau lebih rendah.

Kadar gula darah normal laki-laki dewasa

Berikut angka glukosa darah normal pada pria dewasa dengan diabetes dan non-diabetes

Kadar gula darah puasa

– Pria dewasa tanpa diabetes: 70-99 mg / dl (3,9-5,5 mmol / L)
– Pria dewasa dengan diabetes: 80-130 mg / dl (4,5-7,2 mmol / L)

Kadar gula darah 2 jam setelah makan

– Pria dewasa tanpa diabetes: Kurang dari 140 mg / dl (7,8 mmol / L)
– Pria dewasa dengan diabetes: Kurang dari 180 mg / dl (10,0 mmol / L)

Angka normal untuk HbA1c

– Pria dewasa tanpa diabetes: Kurang dari 5,7%
– Pria dewasa dengan diabetes: 7,0% atau kurang

Kadar gula darah normal wanita dewasa

Tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Jika gula darah Anda pada tingkat antara 100 dan 125 mg / dl, Anda tergolong prediabetes, atau gejala diabetes.

Dan bagi mereka yang glukosa darah puasa lebih besar dari 125 mg / dl, mereka dianggap mengidap penyakit diabetes melitus.

Target kadar gula darah normal untuk pria dan wanita

Sebuah glukometer untuk tes glukosa puasa diambil di lab setelah Anda puasa atau tidak makan atau minum selama 8 sampai 12 jam. Bagi mereka, laki-laki da perempuan yang dilakukan dievaluasi dengan tes glukosa puasa, angka normal harus kurang dari 100 miligram per desiliter (mg / dl).

Anda belum tentu menderita diabetes

Selain diabetes, banyak kondisi lain dapat menyebabkan tingginya kadar glukosa darah seperti stres akut, gagal ginjal, hipertiroidisme, asupan makanan yang berlebihan, obat-obatan tertentu dan pankreatitis.

Di sisi lain, jika gula darah rendah setelah pengukuran, mungkin Anda memiliki kondisi seperti penyakit hati, asupan alk0h0l, kelaparan dan hipotiroidisme semua dapat menyebabkan rendahnya kadar glukosa darah.

Jika Anda mendapatkan kadar gula darah tinggi setelah uji glukosa meter, silakan baca: Tips Agar Gula Darah Tetap Normal

Kunjungi dokter Anda, mereka akan merekomendasikan pemantauan glukosa dengan sebuah glukosa meter rumah setiap hari.  Mereka juga akan merekomendasikan tes A1C setidaknya dua kali per tahun untuk memastikan bahwa glukosa Anda dikendalikan dengan baik.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Gula Darah Normal #Gula Darah Rendah #Gula Darah Tinggi