Panduan Diet Diabetes Ibu Hamil

382 views

Panduan Diet Diabetes Ibu Hamil. Langkah pertama penanganan diabetes gestasional adalah mengubah diet. Diet untuk diabetes gestasional bertujuan untuk membantu menjaga tingkat gula darah Anda dalam rentang normal, memilih makanan yang sehat.

Kebanyakan, wanita hamil dgn gula darah terkendali akan melahirkan bayi yang sehat tanpa komplikasi diabetes gestasional.

Salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah dalam rentang normal adalah dengan memonitor jumlah karbohidrat dalam diet Anda.

Makanan karbohidrat dicerna dan diubah menjadi glukosa darah (sejenis gula). Glukosa dalam darah ini diperlukan tubuh karena merupakan bahan bakar untuk Anda dan sebagai makanan bayi dalam kandungan.

Semua makanan karbohidrat akan berdampak pada kadar glukosa darah. Jadi, Anda harus mengatur berapa banyak Anda makan.

Cobalah untuk memilih makanan bergizi yang mengandung karbohidrat seperti makanan gandum tepung, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran serta beberapa produk susu.

Tim kesehatan akan membantu Anda memahami bagaimana karbohidrat mempengaruhi kadar glukosa darah Anda.

Anda mungkin disarankan untuk:

  • Makan lebih sedikit karbohidrat
  • Memilih sumber yang lebih baik dari karbohidrat
  • Meminta rujukan ke ahli gizi yang mendukung rencana diet untuk diabetes gestasional yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Rekomendasi Diet Diabetes Ibu Hamil

Saya baru saja didiagnosis dengan diabetes gestasional, diet bagaimana yg terbaik? Bagi Anda, diagnosis adalah sebuah kejutan, tetapi Anda tidak harus menjalani diet khusus ketika baru didiagnosis diabetes gestasional.

Semua tergantung pada apa yang anda makan sebelum ini, Anda mungkin harus makan lebih sedikit dari beberapa makanan yg sering Anda makan, dan tidak seperti makanan orang sehat pada umumnya.

Di masa lalu, orang setelah didiagnosis diabetes melitus tidak diizinkan untuk makan makanan tertentu dan menghindari gula. Saat ini, Anda hanya perlu membuat beberapa perubahan diet, Anda harus mengikuti diet yang sehat dan seimbang, ini sama yang dianjurkan untuk diet pada kebanyakan orang.

1. Diet Karbohidrat

Karbohidrat yang ditemukan dalam makanan seperti berikut:

  • Susu dan yogurt
  • Buah-buahan dan jus
  • Beras, biji-bijian, sereal dan pasta
  • Roti, tortilla, kerupuk
  • Kacang kering, kacang polong, dan lentil
  • Kentang, jagung, ubi jalar, kacang polong dan labu
  • Permen dan makanan penutup, seperti gula, madu, sirup, kue-kue, co
  • Soda dan permen juga biasanya memiliki jumlah besar karbohidrat.

Karbohidrat dalam makanan diukur dalam satuan yang disebut gram. Anda dapat menghitung berapa banyak karbohidrat dalam makanan dengan membaca label makanan.

Bagian terpenting dari informasi label makanan untuk diet karbohidrat adalah ukuran porsi dan jumlah gram total karbohidrat dalam setiap porsi.

Hal ,penting, konsultasikan dengan seorang ahli diet profesioanal untuk menentuan jumlah diet karbohidrat. Ahli gizi akan menghitung jumlah karbohidrat yang Anda butuhkan di setiap makanan dan makanan ringan/camilan. Anda juga akan diajarkan bagaimana cara menghitung karbohidrat.

Berikut ini adalah rekomendasi diet karbohidrat untuk diabetes gestasional mungkin membantu Anda menjaga kadar gula darah yang aman:

  • Mengatur makanan Anda antara tiga kali makan dan dua atau tiga camilan setiap hari
  • Makan terlalu banyak pada satu waktu dapat menyebabkan gula darah meningkat terlalu banyak.
  • Jangan melewatkan makan. Selama kehamilan, Anda harus meningkatkan kebutuhan gizi seimbang untuk Anda dan bayi Anda.
2. Diet pati

Makanan bertepung akan berubah menjadi glukosa sehingga penting untuk tidak berlebihan saat mengonsumsinya. Namun, pati harus dimasukkan dalam setiap makan untuk memenuhi energi ibu hamil dan bayi. Ukuran wajar adalah sekitar satu cangkir total pati per makanan, atau dua potong roti.

3. Minum satu cangkir susu pada suatu waktu

Susu adalah makanan sehat dan merupakan sumber penting kalsium untuk mencegah komplikasi hipokalsemia bayi (bayi rendah kalsium). Namun, susu merupakan bentuk karbohidrat cair. Jika Anda minum terlalu banyak pada satu waktu, akan meningkatkan gula darah Anda.

4. Batasi porsi buah

Buah adalah makanan sehat, tetapi tinggi gula meskipun pemanis alami. Anda mungkin makan 1-3 porsi buah per hari, tetapi hanya makan satu per satu.

Ambil setengah dari potongan buah, atau sekitar satu-setengah cangkir buah. Jangan makan buah kalengan yang larut dalam sirup.

5. Sarapan itu penting

Gula darah bisa sulit untuk dikontrol pada waktu pagi hari karena fluktuasi kadar hormon. Sereal olahan, buah-buahan dan bahkan susu tidak dapat ditoleransi dengan baik di sarapan pagi Anda. Jika kadar gula darah pasca-sarapan meningkat terlalu banyak setelah makan makanan ini, maka Anda harus menghindari untuk sarapan Anda. Sarapan terbaik adalah makanan yang terdiri dari pati ditambah protein, jenis ini biasanya ditoleransi dgn baik

6. Hindari jus buah

Jus buah merupakan sumber terkonsentrasi karbohidrat cair. Karena itu, jus dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Sebaiknya, ambil seperuh potong buah segar utuh.

7. Batasi gula dan makanan penutup

Permen dan kue-kue cenderung memiliki jumlah karbohidrat yang berlebihan. Makanan ini sering mengandung sejumlah besar lemak dan menawarkan sangat gizi . Selain itu, hindari minuman kemasan tinggi pemanis.

8. Batasi penambahan gula atau sirup untuk makanan Anda.

Jika ingin, gunakan pemanis buatan yg direkomendasikan ahli gizi pemandu diet diabetes gestasional Anda.

9. Batasi Lemak

Cobalah untuk membatasi jumlah lemak yang Anda makan, khususnya lemak jenuh. Gunakan lemak sehat seperti minyak kanola, zaitun, dan alpukat. Untuk membatasi asupan lemak jenuh Anda, pilih daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit dan makanan susu rendah lemak.

Lemak tidak mempengaruhi kadar glukosa darah Anda secara langsung, namun jika dimakan dalam jumlah besar, semua lemak dapat menyebabkan kenaikan berat badan ekstra yang membuat Anda lebih sulit untuk mengontrol kadar glukosa darah.

10. Memilih protein sehat

Termasuk 2 porsi kecil protein setiap hari sebagai protein penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Makanan berprotein seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, dan telur, makanan ini tidak secara langsung mempengaruhi kadar glukosa darah Anda.

Sedangkan susu, yoghurt, dan kacang-kacangan juga merupakan sumber penting protein. Tapi ingat, makanan itu juga mengandung karbohidrat, jadi diperlukan keseimbangan dalam jumlah.

11. Kalsium dan zat besi juga penting

Kalsium dan besi sangat dibutuhkan selama kehamilan. Ambil kalsium dari susu kedelai, ini baik untuk kehamilan anda. Zat besi dari daging merah, ayam dan ikan bersifat mudah diserap.

Namun, Anda juga bisa mengganti dengan suplemen zat besi atau multivitamin kehamilan mungkin diperlukan. Jangan ambil ikan kalengan, ini banyak merkuri. Diskusikan hal ini dengan dokter atau ahli gizi.

12. Batasi kafein

Batasi kafein tidak lebih dari 300 mg. per hari. Ingat, cokelat mengandung kafein – jumlah kafein dalam cokelat adalah sama dengan 1/4 cangkir kopi.

13. JANGAN menurunkan berat badan selama kehamilan.

Anda dan bayi Anda memerlukan nutrisi yang tepat untuk menjadi sehat. Tanyakan dokter Anda berapa banyak berat badan Anda harus mendapatkan selama kehamilan.

14. Menyimpan catatan makanan

Pastikan untuk mencatat semua makanan dan jumlah yang Anda makan setiap hari. Ini akan membantu Anda memantau asupan karbohidrat Anda. Gunakan gelas ukur untuk akurasi hitungan bila memungkinkan.

Pantangan makanan dalam Diet Diabetes Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa makanan yang dihindari selama diet sehat kehamilan

  • Hindari makanan berlabel ‘diet diabetes’ atau ‘makanan cocok untuk penderita diabetes’. makanan ini biasanya mengandung jumlah banyakkalori dan lemak yang mempengaruhi kadar glukosa darah Anda.

Selain itu, harga makanan tersebut biasanya lebih mahal dan dapat memiliki efek pencahar. Mengonsumsi Ikan lebih baik untuk kesehatan Anda dan perkembangan bayi Anda, maka ada baiknya untuk makan secara teratur.

  • Menghindari ikan yang cenderung memiliki tingkat yang tinggi merkuri misalnya ikan hiu, ikan marlin, ikan todak dan membatasi makan daging tuna, beberapa dari makanan ini memiliki jumlah yang relatif tinggi merkuri dibandingkan dengan ikan lain.

  • Jangan makan kerang untuk mengurangi risiko alergi makanan selama kehamilan.

  • Jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi.

  • Selalu mencuci buah dan sayuran untuk menghilangkan kotoran dan kemungkinan adanya sisa pestisida.

Untuk informasi lebih detai, kunjungi ahli kesehatan di puskesmas terdekat utuk mendiskusikan lebih rinci tentang makanan yang boleh dimakan dan pantangan makanan selama diet untuk diabetes gestasional Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya