Olahraga Untuk Bumil Mencegah Diabetes Gestasional

333 views

Olahraga Untuk Ibu Hamil dalam Mencegah Diabetes Gestasional. Jenis olahraga apa yang baik untuk mencegah risiko diabetes gestasional? Jawabannya, olahraga untuk diabetes gestasional adalah aktivitas fisik yang dilakukan sebelum dan selama kehamilan yang bersifat memberi manfaat secara menyeluruh.

Setiap wanita yang akan atau sedang hamil harus melakukan aktivitas fisik intensitas sedang untuk mempertahankan atau meningkatkan kardio-respirasi kebugaran mereka.

Manfaat olahraga untuk diabetes ibu hamil

Gestational diabetes melitus (GDM) merupakan kondisi gula darah tinggi ( hiperglikemia ) yg timbul pada ibu hamil pada trimester ketiga kehamilan, biasanya didiagnosis pada 24 hingga 28 minggu kehamilan.

Wanita yang memiliki faktor risiko diabetes gestasional, bagaimanapun juga harus dilakukan tes skrining darah untuk uji GDM.

Wanita yang berisiko tinggi atau didiagonsis GDM harus mencegahnya dengan manajemen perubahan gaya hidup selama kehamilan seperti perbaikan pola makan dan olahraga secara teratur untuk mengelola tingkat gula darah. Karena, insulin atau obat oral tidak cukup untuk membuat perubahan risiko.

Berikut adalah beberapa manfaat aktifitas fisik untuk ibu diabetes gestasional

1. Fluktuasi gula darah lebih terkontrol

Pengelolaan kadar glukosa darah dengan berbagai aktifitas fisik sering menjamin hasil kehamilan yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan baik ibu dan janin.

Meski hanya 30 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang dalam 3 hari per minggu merupakan sebuah rekomendasi untuk semua wanita hamil, baik wanita sehat non-GDM atau dengan GDM.

2. Mencegah komplikasi diabetes gestasional.

Olahraga untuk ibu selama kehamilan tidak meningkatkan risiko komplikasi diabetes gestasional seperti mencegah berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, preeklampsia, atau keguguran awal kehamilan.

3. Olahraga juga mencegah risiko diabetes tipe 2 dan GDM

Aktivitas fisik selama kehamilan dapat mencegah perkembangan diabetes gestasional dan diabetes tipe 2.

Dalam uji coba klinis, aktivitas fisik tingkat sedang yang dilakukan oleh ibu hamil yg berisiko diabetes gestasional sebanyak tiga kali seminggu selama kehamilan dapat meningkatkan sensitifitas insulin dan toleransi glukosa darah ibu yang sehat, sehingga secara signifikan menurunkan risiko GDM.

Demikian pula, sebuah meta-analisis terbaru melaporkan bahwa wanita hamil dengan diabetes gestasional yang melakukan olahraga tiga kali seminggu selama 20-45 menit, mereka mengalami kontrol glikemik yang lebih baik, gula darah puasa dan kadar glukosa postprandial yang lebih rendah , dan juga ada peningkatan kardiorespirasi untuk kebugaran.

Olahraga yang baik untuk mencegah diabetes gestasional

Semua wanita hamil baik non-diabetes maupun yang didiagnosis diabetes gestasional sangat direkomendasikan untuk melakukan aktifitas olahraga dengan beberapa kriteria olahraga sebagai berikut :

– Mode latihan

Aerobik, seperti : berjalan, berenang, yoga prenatal, tai chi atau latihan prenatal lainnya yang bersifat aman dan menguntungkan.
Olahraga yang dilarang atau dihindari, seperti menunggang kuda, ski, ski air, sepak bola, bersepeda di luar ruangan, basket, bulu tangkis, dll

– Intensitas latihan.

Jika tidak aktif: aktivitas aerobik dengan intensitas sedang selama kehamilan dan setelah melahirkan . Jika sudah aktif atau rutin olahraga: mulai dengan aktivitas dengan intensitas lebih keras.

– Frekuensi latihan, Setidaknya 3-7 hari per minggu

– Lama latihan, 30 menit / sesi (kisaran 20-45 min)

– Urutan latihan. Jika pemula, pilih latihan durasi sedang secara perlahan dan kemudian meningkatkan dengan durasi ke tingkat atas.

Agar Anda mendapat informasi yang lebih banyak dan akurat, sebaiknya Anda mengunjungi pelayanan kesehatan setempat. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya