Komplikasi Kaki Charcot

359 views

Tujuan mengenal komplikasi DIABETES tipe 1 kaki charcot artropati adalah agar kita mengenal pula bahaya komplikasi yang serius sejak dini dari sindrom inflamasi yang berpotensi amputasi.

Kaki Charcot mempengaruhi sendi di kaki dan paling sering dikaitkan dengan komplikasi pembuluh darah dan kerusakan saraf (neuropati).

Definisi kaki charcot artropati

Kaki charcot artropati atau Charcot Neuropatik Osteoarthropathy, sering disingkat sebagai kaki Charcot, adalah suatu kondisi yang mempengaruhi tulang, sendi, dan jaringan lunak di kaki dan pergelangan kaki, ditandai dengan peradangan pada fase awal.

Kaki Charcot merupakan kondisi melemahnya tulang di kaki yang bisa terjadi pada orang yang memiliki kerusakan saraf (neuropati). Tulang melemah cukup untuk fraktur, dan jika digunakan untuk tetap berjalan kaki akhirnya kaki berubah bentuk.

Kaki Charcot arthropathy adalah sindrom pada pasien yang memiliki neuropati atau hilangnya sensasi. Ini termasuk patah tulang dan dislokasi tulang dan sendi yang terjadi dengan sedikit atau tanpa trauma diketahui sebab pasien yang mengalami neuropati rentan dengan mati rasa.

Kaki Charcot merupakan penyakit yang melemahkan tulang, membuat mereka rentan terhadap patah tulang akibat neuropati yang menyebabkan penurunan sensitivitas kaki terhadap rangsangan dan sesuatu yang mengganggu keseimbangan otot yang mengontrol gerakan kaki.

Kaki charcot artropati juga sebagai kondisi yang sangat serius yang dapat menyebabkan cacat parah, dan bahkan amputasi. Akibat keseriusan penyakit ini menjadi penting untuk pasien dengan diabetes yang didiagnosis menderita neuropati (kerusakan saraf) untuk mengenali sejak dini dengan mengambil langkah-langkah pencegahan dan mencari perawatan segera jika tanda-tanda atau gejala muncul.

Gejala dan tanda-tanda kaki charcot

Kaki charcot artropati ditandai dengan kondisi progresif yang berkembang selama beberapa minggu atau bulan-jauh lebih cepat untuk pasien diabetes dengan neuropati perifer. Beberapa gejala mungkin timbul sebagai berikut :

– Kaki kemerahan
– Muncul pembengkakan
– Nyeri atau sakit sendi
– Hangat ketika kaki disentuh
– Rasa mengganjal atau ketidakstabilan di sendi
– Hilangnya sensasi di kaki
– Perubahan warna dari sendi
– Adanya subluksasi (misalignment tulang yang membentuk sendi)
– Kelainan bentuk kaki (jika parah)

Penyebab dan faktor risiko kaki charcot artropati

Kaki Charcot disebabkan pasien menderita neuropati perifer. Faktor risiko untuk kaki charcot tak hanya penyandang diabetes melitus, tetapi juga termasuk penyandang penyakit seperti kusta, sifilis, poliomyelitis, dan syringomyelia.

Kaki charcot juga disebabkan akibat mikro trauma tulang berulang yang melebihi tingkat penyembuhan dirinya sendiri, menyebabkan patah tulang dan dislokasi. Perubahan sirkulasi penyembuhan terhadap dirinya sendiri menyebabkan resorpsi tulang, melemahnya tulang dan meningkatkan kerentanan terhadap patah tulang dan dislokasi.

Komplikasi kaki Charcot untuk DM tipe 1

Kaki charcot dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk:

– Kapalan
– Borok kaki
– Osteomielitis (infeksi tulang)
– Radang selaput sendi
– Kerusakan pembuluh darah dan / atau kompresi saraf
– Hilangnya sensasi di kaki
– Hilangnya fungsi di kaki

Pengobatan kaki charcot

Ada beberapa cara untuk mengobati kaki charcot artropati seperti bedah dan non-bedah. Tujuan utamanya adalah untuk menstabilkan sendi. Ini sangat penting bahwa Anda mengikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter kaki

Waktu pemulihan bisa sampai delapan minggu atau lebih, selama waktu Anda akan diminta untuk memanjakan kaki Anda.

Pilihan pengobatan

1. Non-Bedah

Pengobatan non-bedah termasuk:

– Imobilisasi, karena kaki dan pergelangan kaki sangat rapuh dan harus dilindungi sehingga tulang yang lemah dapat memperbaiki dirinya sendiri.
– Menggunakan sepatu khusus
– Penggunaan kruk, gips, kursi roda untuk melindungi kaki
– Membatasi kegiatan yang menyebabkan kaki dipaksa aktif

2. Bedah

Jika kondisi yang parah, atau jika telah menyebabkan cacat parah, pembedahan mungkin diperlukan. Dokter Anda akan dapat menentukan prosedur bedah yang tepat untuk Anda.

Pilihan bedah mungkin termasuk

– Osteotomy penataan kembali dan fusi (koreksi deformitas)
– Ostectomy penghapusan penonjolan tulang.

Tips mencegah kaki charcot artropati

Sebagai pasien DM tipe 1, Anda sudah memiliki banyak hal yang perlu dikhawatirkan, tetapi Anda memainkan peran penting dalam mencegah penyakit ini. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mencegah kondisi ini:

– Mengontrol kadar gula darah Anda untuk mengurangi perkembangan kerusakan saraf.
– Dapatkan pemeriksaan rutin dengan dokter dan ahli penyakit kaki.
– Periksa kedua kaki setiap hari jika muncul tanda-tanda kaki charcot atau masalah terkait lainnya.
– Menghindari cedera kaki seperti tersandung atau aktifitas berlebihan.
– Merawat kaki
– Ikuti petunjuk dokter untuk pengobatan jangka panjang dalam rangka mencegah kekambuhan, munculnya bisul, dan risiko amputasi.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya