Kalium, Makanan Mencegah Diabetes Tipe 2

366 views

Makanan Mencegah Diabetes Tipe 2 adalah makanan kalium tinggi. Kalium adalah elektrolit penting untuk tubuh yang berperan besar terhadap munculnya diabetes tipe 2.

Terlalu banyak atau terlalu sedikit kalium yang beredar dalam darah, dapat mempengaruhi kesempatan Anda untuk mengembangkan diabetes dan risiko komplikasi lainnya.

Jika Anda belum didiagnosis diabetes, makan dan diet kaya kalium yang seimbang dapat membantu mencegahnya.

Terlalu banyak atau kekurangan kalium berefek buruk untuk Anda. Ketika Anda check up ke Rumah sakit, Dokter akan mengukur jumlah kalium dalam darah dengan tes darah sederhana.

Kadar kalium normal, atau aman jika tingkat kalium adalah antara 3,7 dan 5,2 miliekuivalen per liter (mEq / L).

Beberapa kondisi penyakit yang menyebabkan tingkat kalium tidak seimbang seperti:

– Kadar kalium rendah (hipokalemia) biasanya disebabkan dehidrasi akibat keringat berlebihan, muntah, atau diare.

Suatu kondisi parah penyebab hipokalemia seperti : adrenal kelenjar, cystic fibrosis, atau luka bakar yang parah. Hipokalemia juga bisa disebabkan karena konsumsi diuretik atau kekurangan gizi.

– Tingkat tinggi kalium (hiperkalemia) disebabkan kerusakan ginjal, diabetic ketoacidosis (DKA), serangan jantung, luka, infeksi, terlalu sering menggunakan suplemen kalium, dan penggunaan ACE inhibitor.

Hiperkalemia dapat menyebabkan kelemahan, kelumpuhan, denyut jantung tidak teratur, atau bahkan serangan jantung.

Kalium dan diabetes tipe 2

Kalium adalah mineral dan elektrolit penting. Elektrolit berperan besar untuk membantu mengontrol keseimbangan cairan tubuh baik di dalam dan di luar sel untuk segala aktifitas tubuh seperti kontraksi otot, pembangkit energi dan beberapa reaksi biokimia lainnya.

Kalium berasal dari apa yang Anda makan dan kalium bisa hilang akibat apa yang Anda makan. Rekomendasi konsumsi kalium antara 2.000 dan 6.000 miligram setiap hari melalui diet.

Menurut Institute of Medicine, adalah sekitar 2,3 gram setiap hari, sehingga kekurangan kalium jarang terjadi.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam “Expert Review Endokrinologi dan Metabolisme,” orang-orang yang mengambil obat tekanan darah disebut tiazid memiliki peningkatan risiko untuk diabetes. Obat ini bertindak sebagai diuretik yang menyebabkan cairan dan elektrolit menjadi hilang.

Para peneliti mencatat bahwa hilangnya kalium akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Jika Anda tidak atau belum memiliki diabetes, makan makanan tinggi kalium dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

Kalium adalah makanan meningkatkan kesehatan pankreas

Diabetes adalah sekelompok gangguan metabolisme serius akibat pasien memiliki gula darah terlalu banyak, disebabkan hormon insulin mengalami gangguan.

Insulin dibuat oleh pankreas, dan tugasnya adalah untuk membuka sel-sel tubuh sehingga gula darah bisa masuk dan menyediakan energi untuk semua aktifitas tubuh.

Namun, penderita diabetes tidak memproduksi insulin yang cukup, atau mereka memiliki masalah dengan proses bagaimana insulin bekerja.

Akibatnya terjadi penumpukan glukosa dalam darah, sementara itu sel-sel tubuh menjadi kelaparan karena kurangnya sumber makanan.

Menurut penelitian yang dilaporkan dalam “Archives of Internal Medicine.” Makanan tinggi kalium dapat meningkatkan kesehatan pankreas dalam memproduksi insulin.

Makanan ini terdapat pisang, melon, kentang dengan kulit, tomat, plum, alpukat, bayam dan kacang-kacangan. Penulis studi ini, Johns Hopkins, menyimpulkan bahwa kalium adalah makanan yang merangsang produksi insulin.

Hal ini diyakini bahwa kalium mempengaruhi pelepasan insulin dari pankreas sehingga dapat dikatakan bahwa kalium rendah memberikan kontribusi untuk stres pankreas dan resistensi insulin yang mengarah ke diabetes tipe 2.

Makanan kalium mendukung hormon adiponektin

APa itu hormon adiponektin? Hormon adiponektin adalah hormon bersifat baik yang berperan mencegah resistensi insulin. Meskipun hubungan kalium dengan adiponektin belum diteliti secara akurat, tetapi sekarang diketahui bahwa adiponektin memanfaatkan ion kalium dalam otak untuk melepaskan sinyal metabolik.

Orang-orang Afrika-Amerika yang dikenal memiliki adiponektin yang lebih rendah saat lahir. Maka dari itu mereka lebih menekankan diet kalium untuk membantu kerja adiponektin lebih efektif.

Ciri-ciri dan tanda kekurangan kalium.

Tanda-tanda orang kekurangan kalium termasuk kelelahan otot dan kulit terlalu peka terhadap cahaya panas, ciri-ciri ini lebih terlihat jelas ketika mereka berada di cuaca panas dan lembab. Kurangnya kalium menyebabkan seseorang menjadi lebih sensitif terhadap garam.

Ironisnya, obat diuretik biasanya diberikan untuk tekanan darah tinggi justru menguras kalium dan menginduksi resistensi insulin hingga risiko diabetes tipe 2. Selain itu, juga menyebabkan kenaikan berat badan dan memperburuk kesehatan lainnya.

Dari sudut pandang resiko diabetes tipe 2 ada harus benar-benar mendapat kalium seimbang dan normal pada kisaran 5 – 5,2 mEq / L.

Sumber makanan kalium tinggi

Makanan tinggi kalium adalah penting bagi orang non-diabetes untuk mencegah diabetes tipe 2. Dan, untuk penderita diabetes yg mengonsumsi obat hipertensi seperti diuretik harus mengambil diet kalium, sebab banyak kalium hilang melalui ekskresi oleh ginjal.

Namun, jika Anda memiliki penyakit ginjal terkait diabetes dan kadar kalium Anda tinggi (di atas 5,2), penyedia layanan kesehatan mungkin akan merekomendasikan untuk mengurangi berapa banyak kalium dalam diet Anda.

Suplementasi kalium adalah salah satu cara untuk memperoleh kebutuhan tubuh dengan makan makanan yang kaya akan mineral penting ini. Lebih direkomendasikan, memilih makanan organik untuk menerima manfaat gizi lengkap yang ditemukan di setiap makanan.

Berikut adalah sumber-sumber kalium dari beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi:

1. Daging

Kalium dalam daging sebagian besar ditemukan dalam ikan dan kerang. Kerang merupakan daftar makanan tinggi kalium pada lebih 10 % dari RDI. Ikan berwarna gelap seperti salmon, tuna kuning juga merupakan sumber yang baik dari kalium.

Daftar makanan protein menyediakan sumber terpercaya kalium seperti daging merah, ayam juga masuk dalam daftar itu, namun kandungan potasium adalah lebih rendah.

2. Produk susu

Seluruh yoghurt, yoghurt non-lemak, susu dan buttermilk adalah sumber kaya kalium dan kalsium. Keju juga dapat dimasukkan dalam daftar makanan berkalium. Produk susu terbaik adalah yang berasal dari susu mentah, termasuk susu kambing dan susu domba.

3. Sayuran dan umbi

Ubi jalar termasuk makanan tinggi kalium dengan 694mg per buah, dan salah satu sumber nabati terbaik bagi penderita diabetes karena umbi ini juga rendah indeks glikemik, sehingga aman untuk pankreas Anda.

National Institutes of Health di Amerika juga merekomendasikan makan kentang putih plus kulit, karena kalium banyak terletak di kulitnya.
Kalium juga dapat ditemukan pada sayuran seperti di kacang panjang, bayam, tomat, kangkung, lobak, brokoli, kacang polong, labu, dan bit hijau.

4. Buah-buahan

2 buah dengan tingkat tertinggi kalium adalah pisang dan aprikot. Aprikot kering memiliki tingkat lebih tinggi dari kalium daripada aprikot segar.

Buah-buahan dianjurkan lain yang memberikan tingkat kalium yang tinggi adalah plum, kiwi, melon, alpukat dan semua buah jeruk, terutama jeruk lemon.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Pengobatan Alternatif #Pengobatan Diabetes