Beras Merah Terapi Pengobatan DM Tipe 2

356 views

Mengapa beras merah dikatakan makanan terapi untuk pengobatan DM tipe 2 dan merupakan sumber kalori terbaik untuk diabetes?

Karena, meskipun mengandung karbohidrat namun beras merah dimasukkan dalam katergori indeks glikemik rendah. Artinya, beras merah lebih lambat dalam menaikkan kadar gula darah ketimbang beras putih.

Bagaimana informasi gisi beras merah? Setiap setengah cangkir beras merah, mengandung 150 kalori. Kandungan lemak pada beras merah merupakan lemak larut air yang berarti baik untuk meningkatkan metabolisme, hanya menyumbang 10 kalori dari lemak untuk setiap porsi.

Beras merah mengandung hanya 30 g karbohidrat dalam setiap porsi dan 2 g serat per porsi. Serat dalam beras merah memberi kontribusi positif untuk kesehatan pencernaan dan memperlambat penyerapan karbohidrat, yang berarti memperlambat kenaikan gula darah setelah makan

Beras merah adalah makanan bebas kolesterol. Selain itu, meskipun masih famili dari gandum beras merah tidak mengandung lemak trans, natrium atau gluten. Tentu saja beras merah juga pilihan terbaik untuk penderita penyakit celiac (alergi gluten), selain memberi manfaat untuk penderita diabetes.

Kandungan kalium, vitamin B dan zat besi merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk tubuh penderita diabetes melitus. Nutrisi ini memberi manfaat untuk kesehatan pankreas dan meningkatkan pelepasan insulin sehingga kerja insulin lebih efektif. Ini berarti, beras merah juga memberi manfaat untuk orang sehat dan mencegah risiko diabetes tipe 2 bagi mereka.

Manfaat beras merah untuk diabetes tipe 2

Selain memberikan kalori untuk para penyandang penyakit diabetes, ternyata beras merah juga memberikan manfaat lain. Apa itu? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda ambil

1. Beras merah mencegah komplikasi saraf dan jantung pada diabetes

Kandungan selenium pada beras merah dipercaya dan dibuktikan oleh beberapa penelitian bahwa nutrisi tersebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan radang sendi, diabetes sangat rentan dengan kedua penyakit ini.

Beras merah juga mampu mengurangi penumpukan plak arteriosklerosis sehingga memberi kontribusi positif dalam mencegah risiko penyakit jantung, stroke dan kolesterol darah.

Komponen mangaan (Mn) dalam beras merah membantu pencernaan dalam metabolisme lemak dengan mensintesisnya. Selain itu, mangaan dalam beras merah membantu kerja saraf dan reproduksi.

2. Beras merah merupakan makanan diet untuk DM tipe 2 dengan obesitas.

Kandungan serat dari beras merah membantu pencernaan lebih mudah. Beras merah mudah dicerna dan mudah diserap oleh usus. Beras merah juga memberi efek kenyang meskipun Anda makan lebih sedikit, sehingga Anda lebih mudah mengontrol berat badan bahkan ketika Anda ingin menurunkan berat tubuh akibat obesitas.

3. Beras merah dapat mencegah kanker usus dan bersifat detoksifikasi

Kandungan serat alami yg tinggi dapat membantu mencegah kanker usus besar. Serat dalam beras merah bersifat mengikat sel-sel kanker dan melarutkannya melalui pembuangan. Serat beras merah juga bersifat detoktif, yaitu membuang racun-racun dalam pencernaan Anda.

4. Beras merah mendukung pengobatan infeksi jamur akibat gula darah tinggi.

Beras merah merupakan obat alami dari dalam tubuh ketika anda terserang infeksi jamur terutama di area genital, karena penyandang diabetes lebih rentan dengan infeksi ini akibat kadar gula darah tinggi yang di buang melalui urine oleh ginjal.

Kandungan anti oksidan dan serat pada beras merah membantu penyembuhan infeksi ketika Anda mengambil obat infeksi jamur dari dokter. Sifat mudah dicerna dan membantu penyerapan obat inilah yang membantu pengobatan menjadi lebih efektif.

5. Beras merah dapat mencegah diabetes tipe 2 untuk orang yang berisiko.

Mengapa harus beras merah? Beras merah merupakan makanan dengan glikemik rendah yang membantu mengurangi lonjakan insulin.

Pada sebuah penelitian, Qi Sun, MD, seorang instruktur kedokteran di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, dan rekan-rekannya di Harvard menemukan dalam penelitiannya bahwa mengganti 50 gram setiap hari beras putih dengan jumlah yang sama dengan beras merah akan menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 16%.

Efek samping beras merah bagi DM tipe 2 dan cara mengatasi

Meskipun mempunyai indeks glikemik rendah, makan banyak beras merah tetap akan meningkatkan gula darah. Makanan baik untuk diabetes bukan berarti Anda makan tanpa pengaturan diet.

KOnsumsi makanan Anda dengan bijaksana sesuai dengan rencana makan yang direkomendasikan oleh dokter atau ahli diet. Pastikan untuk menghitung asupan karbohdrat harian untuk mengurangi dampak pada gula darah Anda.

Lalu bagaimana untuk hasil terbaik ketika makan beras merah? Hal terbaik untuk mengoptimalkan kinerja tubuh terhadap beras merah dalam hal kenaikan gula darah adalah dengan moderasi diet.

Tambahkan protein tanpa lemak untuk mengurangi dampak karbohidrat. Tambahkan pula sejumlah sayuran non-tepung dan buah-buahan rendah gula untuk diet seimbang dalam rangka mengontrol diabetes Anda.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Pengobatan Alternatif #Pengobatan Diabetes