12 Langkah Mengatasi Kaki Bengkak Diabetes

684 views

Kaki Bengkak Diabetes. Apa penyebab dan gejala kaki bengkak akibat diabetes? Bagaimana cara mengatasi pembengkakan kaki akibat diabetes? Penanganan kaki bengkak akibat komplikasi diabetes adalah bervariasi tergantung pada penyebabnya.

Retensi cairan ini bisa diatasi jika penyebab yang mendasari telah diobati. Aktivitas fisik secara teratur dan mencegah lama berdiri dapat membantu mengurangi retensi cairan. Jika Anda kelebihan berat badan, diet ketat akan mengurangi retensi cairan.

Jika Anda penderita diabetes, Anda perlu khawatir tentang banyak hal-hal seperti edema / kaki bengkak. Dalam beberapa kasus, edema perifer bisa sangat menyakitkan.

Jika Anda melihat gejala pembengkakan di pergelangan kaki, atau bawah kaki, segeralah mengunjungi dokter untuk mendapat perawatan darurat.

Penyebab kaki bengkak diabetes

Penyakit diabetes melitus mengintervensi sirkulasi darah dengan berbagai cara, menyebabkan pembengkakan di daerah tungkai kaki bawah.

Diabetes adalah penyakit serius yang menimbulkan banyak komplikasi lebih lanjut, kaki bengkak akibat diabetes komplikasi adalah satu dari beberapa risiko. Berikut adalah point-point utama penyebab kaki bangkak pada diabetes melitus

1. Edema perifer.

Alasan utama penyebab kaki bengkak akibat diabetes adalah edema perifer. Ada akumulasi cairan  di kaki, pergelangan kaki dan kaki bawah. Jika tidak segera diatasi, kondisi akan meningkat ke lebih parah.

2. Komplikasi diabetes neuropati

Kadang-kadang, penyandang diabetes melitus mungkin menderita komplikasi saraf/ neuropati diabetes. Ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan mati rasa di kaki.

Akibatnya, pasien tidak dapat merasakan cedera meski ringan. Bahkan, cedera parah seperti keseleo atau patah tulang tidak bisa dirasakan dan pasien masih menggunakan anggota badan tersebut, menyebabkan pembengkakan kaki

3. Infeksi serius

Penderita diabetes juga memiliki tingkat kekebalan tubuh rendah sehingga rentan infeksi. Dan, kaki bengkak pada diabetes menjadi tanda bahwa ada infeksi serius di kaki mereka.

Biasanya, ciri-ciri kaki bangkak akibat infeksi diabetes ditandai dengan demam ringan dan kemerahan bersama munculnya pembengkakan kaki.

4. Hipertensi

Kadang-kadang komplikasi diabetes tekanan darah tinggi juga dapat mengakibatkan kaki bengkak dimana cairan terakumulasi dalam jaringan tubuh, tak hanya di kaki.

Ini adalah gejala dari gagal jantung kongestif. Jika Anda juga merasakan gejala seperti kesulitan bernapas dan kelelahan, segera hubungi layanan kesehatan setempat.

5. Diabetes selama kehamilan

Walaupun kebanyakan dari kita tahu tentang diabetes melitus tipe 1 dan 2, sangat sedikit orang yang sadar akan risiko diabetes gestasional.

Diabetes ini adalah jenis diabetes unik yang hanya mempengaruhi wanita hamil dan biasanya menghilang setelah wanita melahirkan bayi.

Pembengkakan di kaki sering dikaitkan dengan diabetes gestasional, meskipun kehamilan normal sendiri dapat berkontribusi pada akumulasi cairan, menyebabkan pembengkakan.

6 Penggunaan obat-obatan

Sejumlah obat dapat meningkatkan risiko edema termasuk kortikosteroid , obat tekanan darah dan pil k0ntras3psi .

7. Asupan garam berlebihan

Asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan masalah pembengkakan pada orang dengan penyakit ginjal.

8. Kaki bengkak diabetes akibat komplikasi lain.

Retensi cairan/ edema juga bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi termasuk:  gagal ginjal, gagal jantung, penyakit sirosis hati, hingga penyakit tiroid lymphoedema

Gejala-gejala kaki bengkak diabetes

Oedema atau kaki bengkak pada penderita diabetes adalah timbulnya pembengkakan daerah yang terkena menimbulkan gejala-gejala di kaki berisi cairan.

Gejala yang mungkin terjadi, bersama dengan pembengkakan, termasuk:

– Kenaikan berat badan
– Tungkai sakit
– persendian terasa kaku
– Terjadi perubahan warna kulit di daerah pembengkakan
– Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Cara mengatasi kaki bengkak diabetes

Akumulasi abnormal cairan yang muncul di berbagai jaringan tubuh bisa menyebabkan pembengkakan.

Pembengkakan ini dapat mempengaruhi salah satu dari sejumlah situs tubuh, seperti kaki, pergelangan kaki, seluruh kaki, tangan, punggung atau perut, bahkan kelopak mata.

Jika tidak segera ditangani, akan membahayakan tubuh. Berikut adalah 12 tips untuk mencegah, mengobati dan mengatasi edema akibat diabetes.

1. Hindari obat Tiazolidinedion.

Jika Anda memiliki diabetes tipe 2 dan telah diresepkan Tiazolidinedion, obat ini dapat menyebabkan pembengkakan kaki Anda. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengubah resep.

2. Kontrol diabetes ketat

Kontrol kadar glukosa darah secara ketat , olahraga teratur dan diet yang sehat.

3. Kurangi berdiri lama

Hindari berdiri dalam waktu lama, ini juga akan membantu mengurangi risiko retensi cairan. Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk berdiri selama berjam-jam, angkat satu kaki ditekuk di lutut selang beberapa waktu, kemudian lakukan hal yang sama dengan kaki yang lain.

4. Refresh kaki Anda

Dua kali sehari, berbaring di tempat tidur. Tempatkan bantal di bawah kaki, ini sebuah rileksasi untuk jantung Anda.

5. Pakai stoking

Gunakan stoking kompresi jika Anda rentan terhadap pembengkakan kaki.

6. Diet Garam

Makan diet rendah sodium (garam) akan membantu gejala pembengkakan kaki.

7. Perhatikan sepatu Anda

Bagi wanita diabetes hamil, gunakan sepatu bertumit rendah atau flat untuk menghindari pembengkakan kaki.

8. Pijat kaki Anda

Pijat kaki secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah di seluruh kaki. Mulailah dengan kaki bagian bawah kemudian ke bawah ke jari kaki. Ini akan mendistribusikan akumulasi cairan di seluruh kaki.

9. Pilih ukuran sepatu yg pas

Gunakan sepatu tidak terlalu ketat, juga jangan terlalu longgar. Sesuaikan sepatu dengan kondisi kaki ketika hendak membeli sepatu baru.

10. Pastikan kelancaran darah di kaki Anda

HIndari duduk bersila karena akan menghambat sirkulasi darah ke kaki bagian bawah.

11. Jangan mer0kok

berhentilah karena diabetes yang per0kok akan meningkatkan peningkatan risiko kaki bengkak.

12. Turunkan berat badan

Jika Anda memiliki obesitas, lakukan diet menurunkan berat badan

Jadi sekarang Anda tahu, bagaimana mengatasi masalah edema/kaki bengkak akibat diabetes. Sekarang saatnya untuk mencari tahu bagaimana untuk menyingkirkan pembengkakan tersebut.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, Anda dapat menangani dengan pembengkakan kaki dengan mudah dan mendapatkan bantuan dengan mudah.

Namun, kami menekankan sekali lagi bahwa jika ada sedikit gejala kaki bengkak, kunjungi ahli kesehatan untuk membantu memberi solusi yang paling tepat dan akurat. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Edema #Komplikasi Diabetes #Komplikasi Diabetes Gestasional #Komplikasi Diabetes Tipe 2