Cara Mengobati Diabetes Dengan Kayu Manis

419 views

Cara mengobati diabetes dengan kayu manis. Apakah kayu manis bisa mengobati diabetes? Apa efek samping kayu manis bagi diabetes? Berapa dosis kayu manis untuk diabetes?

Menggunakan kayu manis untuk obat diabetes telah dipelajari dalam beberapa tahun terakhir. Namun, kayu manis bukan untuk obat diabetes.

Hasilya bervariasi, tetapi kemungkinan kayu manis hanya sebagai obat tambahan dalam pengobatan alternatif diabetes, meskipun tidak secara signifikan berperan terhadap perubahan kadar hemoglobin (HbA1c).

Namun American Diabetes Association (ADA) tidak merekomendasikan penggunaan kayu manis untuk obat diabetes karena bukti klinis tidak cukup untuk menunjukkan kemampuan kayu manis untuk obat alternatif diabetes.

Penelitian tentang kayu manis

Beberapa penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Family Medicine dan Diabetes Care terkait mengobati diabetes dengan kayu manis menunjukkan bahwa beberapa pasien dapat menggunakan alternatif ini untuk obat diabetes melitus tipe 2.

Hal ini telah dibuktikan dari beberapa tes darah pasien diabetes tipe 2. Hasil menunjukkan bahwa beberapa pasien memiliki kontrol gula darah yang lebih baik ketika mereka mengambil suplemen kayu manis bersama dengan perawatan medik.

Selain itu, mereka mendapat keuntungan dengan menekan kadar kolesterol LDL pada posisi tingkat rendah.

Meskipun beberapa bukti menunjukkan bahwa kayu manis bisa untuk obat diabetes, khusus diabetes tipe 2, namun bukti lanjut sulit untuk mengetahui apakah bumbu dapur tersebut dapat bekerja untuk semua orang.

Seorang penulis senior bernama Olivia Phung, PharmD, dari Western University of Health Sciences, mengatakan kepada Medscape Medical News bahwa berdasarkan meta-analisis, beliau tidak akan merekomendasikan kayu manis untuk obat diabetes, sebab dalam jangka panjang efeknya belum diketahui secara pasti.

Meskipun beberapa pakar kesehatan mengatakan, tubuh akan meningkatkan kemajuan setelah penggunaan suplemen alami kayu manis dalam pengobatan penyakit diabetes melitus,

Hal ini karena sampel penelitian belum luas dan tidak selalu terorganisir dengan baik. Dalam studi yang ada, data dari penelitian hanya dikumpulkan selama beberapa bulan saja.

Kayu manis bisa untuk obat diabetes

Beberapa pakar telah membuktikan bahwa kayu manis dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk penyakit diabetes melitus tipe 2 dengan berbagai penelitian yang dilakukan.

Beberapa penelitian pada hewan dan uji klinis kecil telah menunjukkan bahwa kandungan aktif pada kayu manis – cinnamaldehyde – bisa menurunkan glukosa darah.

Lalu, mereka punya pendapat bahwa kayu manis bisa untuk obat diabetes tipe 2.

Selain itu, kayu manis juga dipercaya mampu meredam komplikasi diabetes.

Mengonsumsi kayu manis dikaitkan dengan penurunan secara signifikan pada statistik tingkat glukosa plasma puasa, kolesterol total, LDL, dan trigliserida, dan peningkatan kadar HDL.

Meski begitu, berpengaruh kayu manis tidak terlalu signifikan terhadap hemoglobin A1c.

Kondisi ini tergantung dari tingkat heterogenitas perawatan pasien, dosis yang dipilih dan durasi terapi yang tepat.

Efek samping Kayu manis

Beberapa dari pasien dapat mengonsumsi kayu manis untuk obat diabetes tanpa masalah atau efek samping.

Tapi, kandungan coumarin – kumarin, mempunyai efek mencegah darah dari pembekuan.

Jika Anda mengambil obat pengencer darah, anda tidak disarankan mengonsumsi kayu manis. Resiko pendarahan bisa berbahaya untuk Anda.

Pemberian jangka panjang dari kayu manis dengan dosis tinggi mungkin tidak aman bagi tubuh diabetesi karena kandungan kumarin pada kayu manis dikaitkan dengan kerusakan hati.

Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian pada hewan uji yang diberi kayu manis dosis tinggi, selama beberapa waktu.

Jadi, pengaturan dosis kayu manis untuk obat diabetes sangat penting untuk diperhatikan.

Selain itu, beberapa orang mengalami efek samping dari penggunaan kayu manis yaitu reaksi alergi seperti pembengkakan di wajah atau bibir, sesak di dada, kesulitan menelan, serta kesulitan bernapas.

Tapi jika risiko penggunaan kayu manis lebih kecil untuk Anda dan dokter memberi Anda lampu hijau, mengonsumsi bumbu dapur seperti kayu manis tampaknya mungkin patut dicoba.

Berapa dosis kayu manis untuk diabetes?

Satu gram kayu manis adalah dosis terendah jika Anda hendak menggunakan kayu manis untuk membantu pengobatan diabetes.

Jumlah medium adalah tiga gram kayu manis atau dengan ukuran sekitar ½ sendok teh. Jumlah dosis kayu manis tertinggi adalah 6 gram atau satu sendok teh.

Ingat, kayu manis juga dapat meningkatkan gula darah jika penggunaan dosis yang tanpa diatur.

Mulai penggunaan kayu manis dengan dosis terkecil (1 gram). Pastikan untuk memeriksa kadar glukosa darah Anda lebih sering dan tulis dalam catatan tentang perkembangan gula darah anda.

Anda bisa menaburkan kayu manis pada sereal dan roti panggang, atau dalam kopi, teh, atau minuman susu.

Jika enggan, ada kapsul kayu manis yang dijual di apotik. Gunakan kapsul kayu manis sebanyak 500 miligram, dua kali sehari. Namun, semua harus melalui rekomendasi dokter.

Jika Anda merasa ada gejala reaksi alergi, segera hentikan konsumsi kayu manis dan konsultasikan permasalahan dengan pihak penyedia layanan kesehatan terdekat, atau dokter yang menangani kasus diabetes Anda..

Kesimpulan

Kayu manis bukan obat diabetes, meski beberapa orang melaporkan keadaan gula darah yang turun setelah mengonsumsi kayu manis.

Namun, itu tidak berlaku untuk semua orang. Akan tetapi, beberapa orang bisa mengambil manfaat dari kayu manis untuk mencegah komplikasi diabetes tipe 2 akibat kolesterol tinggi.

Meski begitu, American Diabetes Association (ADA) tidak merekomendasikan penggunaan kayu manis untuk obat diabetes. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Pengobatan Alternatif #Pengobatan Diabetes