Cara Mengobati Diabetes Dengan Jambu Biji

447 views

Pengobatan diabetes tipe 2 dengan jambu biji. Apa saja manfaat jambu biji bagi tubuh diabetes? Bagaimana cara menggunakan jambu biji untuk mengobati diabetes? Apa efek samping jambu biji bagi penderita diabetes?

Khasiat jambu biji untuk diabetes melitus akan memberikan manfaat untuk pasien dimana buah ini berpotensi dalam menurunkan gula darah dan kadar kolesterol.

Manfaat kesehatan lain dari mengonsumsi jambu biji adalah meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan fungsi otak. Kadar vitamin C pada jambu biji berperan sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas.

Namun, makan jambu biji plus kulitnya itu tidak bagus untuk kesehatan anda.

Ada apa dengan kandungan jambu biji, bagaimana jambu biji bisa berkhasiat untuk pengobatan diabetes ?

Berikut adalah deskripsi tentang komponen jambu biji yang mendukung pengobatan rumah untuk penyandang penyakit diabetes melitus.

Manfaat buah jambu biji untuk tubuh diabetes

Jambu biji terbilang cukup murah dan mudah didapat di toko buah. Jambu biji dianggap sebagai salah satu makanan super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan memberi gizi bagi penyandang penyakit diabetes.

Kandungan kalium pada jambu biji berperan dalam pengaturan tekanan tekanan darah.

Mengapa? Karena kandungan kalium dalam buah jambu biji dapat menetralkan efek samping natrium dalam tubuh.

Kita tahu, natrium jumlah lebih dalam tubuh akan memicu gangguan tekanan darah.

Khasiat jambu biji untuk diabetes juga memberi nilai kesehatan karena kaya akan vitamin C, merupakan zat antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Tentu saja, antioksidan pada buah jambu biji akan melindungi tubuh Anda dari risiko kanker dan komplikasi diabetes.

Buah jambu biji mengandung karbohidrat yang rendah indeks glikemik sehingga aman untuk penyandang diabetes.

Mengonsumsi buah jambu akan mengurangi penyerapan gula dalam darah sehingga pasien diabetes akan mengalami penurunan kadar gula darah.

Buah jambu biji kaya akan serat makanan menjadikan buah jambu biji yang sehat dan ramah untuk perut penderita diabetes.

Menurut penelitian, kandungan serat tersebut membuatnya buah jambu biji lebih efektif untuk menurunkan resiko kemungkinan orang sehat dari terkena diabetes tipe 2.

Kandungan jambu biji untuk diabetes tipe 2.

Jangan makan jambu biji yang lebih matang, namun pilih jambu biji yang hampir matang. Sebab, jambu biji yang terlalu matang mengandung kadar gula tinggi, ini tidak aman bagi anda karena bisa meningkatkan level gula darah.

Jambu biji yang setengah matang akan memberi Anda gizi yang lengkap seperti makro nutrisi, kalori, vitamin, serat dan mineral.

Berikut pembahasan tentang kandungan dan manfaat jambu biji untuk penderita diabetes.

1. Jambu biji menyediakan kalori dan makronutrisi lengkap

Dosis  satu cangkir potongan jambu biji setengah matang menyediakan 112 kalori, atau hanya 5,6 % dari total kalori yang harus dikonsumsi setiap hari.

Anda juga bisa memanfaatkan lemak dari buah sehat pada 1,5 g lemak dalam porsi atau 12 % dari jumlah lemak yang harus Anda konsumsi sehari-hari.

Jambu biji mengandung 23,6 g karbohidrat per porsi juga, dan karbohidrat pada jambu biji digolongkan berindeks glikemik rendah sehingga aman untuk ANda konsumsi.

1 Porsi potongan jambu biji juga menyumbang protein yang cukup rendah, hanya sekitar 4,2 g per porsi.

Setiap porsi jambu biji memiliki 8,9 g serat, ini juga menyumbang kebutuhan serat harian dari 25-38 g.

2. Jambu biji memberi Anda sumber vitamin yang baik.

Makan satu porsi jambu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada kebutuhan harian Anda .

Vitamin C dalam jambu biji dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu tubuh Anda dalam penyerapan zat besi.

Buah jambu biji uga menyediakan 21 % dari vitamin A dan 20 % dari asam folat yang Anda butuhkan pada setiap harian.

Kandungan vitamin yang baik membuat jambu biji menjadi buah pilihan yang baik untuk meningkatkan penglihatan Anda dan mengurangi risiko cacat lahir dan makrosomia pada janin ketika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, khusus untuk ibu diabetes hamil.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil manfaat dalam jumlah yang lebih rendah dari vitamin E, K dan B-6, thiamin, riboflavin, niasin dan asam pantotenat dalam 1 cangkir jambu biji.

3. Jambu biji memberi Anda mineral yang baik dan lengkap.

Dalam 1 cangkir, jambu biji menyumbang 20 % kalium dari asupan harian yang direkomendasikan dalam diet sehat, kalium ini merupakan mineral penting untuk fungsi dan kesehatan jantung Anda.

Jambu biji juga memberikan 19 % tembaga yang Anda butuhkan setiap hari, serta 12 % mangan. Kedua mineral ini sangat penting untuk fungsi saraf, otak dan pembuluh darah.

Jambu biji juga mengandung kurang dari 10 % dari kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng dan selenium, dimana posisi mineral-mineral ini penting untuk Anda butuhkan setiap hari.

Efek samping jambu biji pada tubuh diabetes

Jangan makan kulit jambu biji. Meskipun khasiat jambu biji untuk diabetes tipe 2 dipandang baik, akan tetapi mengonsumsi buah jambu biji beserta kulit adalah tidak baik untuk kesehatan.

Banyak penelitian membuktikan, kulit jambu biji bisa meningkatkan level gula darah.

Jambu dianggap sebagai buah super dengan sifat dan manfaat untuk banyak pengobatan, ini sangat popler di China, tak terkecuali di Indonesia.

Tetapi, studi terbaru menunjukkan bahwa makan jambu biji dengan kulitnya meningkatkan gula darah pada hewan uji dengan 91%, di mana ketika jambu biji dikupas kenaikan gula darah hanya 27%.

Jika diabetes Anda bisa terkontrol baik, ini tidak masalah jika makan jambu plus kulit. Namun, katakan lebih baik mengupas jambu sebelum dimakan untuk kehati-hatian anda dalam mengontrol gula darah.

Meskipun buah jambu biji memiliki banyak manfaat untuk pengobatan diabetes, tapi penting untuk diingat efek samping jambu biji untuk diabetes.

Jambu biji adalah buah yang aman untuk makan, namun belum ada cukup bukti medis yang mendukung efektivitas atau keamanan mengonsumsi jambu biji ketika pasien menggunakan obat diabetes medik.

Ada beberapa suplemen jambu biji yang dijual di toko-toko, namun wanita diabetes hamil dan ibu menyusui khususnya harus membatasi penggunaan jambu biji dalam bentuk suplemen obat tradisional.

Lebih baik, memilih jambu segar dalam bentuk alami dalam pengaturan dosis ketat. Kunjungi informasi tentang khasiat jambu biji beserta takaran penggunaan ke dokter diabetes yang menangani kasus Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Pengobatan Alternatif #Pengobatan Diabetes