Manfaat Dan Efek Samping Daun Sirsak Untuk Diabetes

458 views

Daun sirsak untuk diabetes melitus. Apa saja manfaat daun sirsak bagi diabetes? Bagaimana daun sirsak bisa mengobati diabetes? Bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk terapi diabetes? Apa saja efek samping daun sirsak bagi tubuh diabetes?

Bahan aktif daun sirsak

Khasiat daun dan buah sirsak untuk diabetes melitus, telah menjadi bagian dari pengobatan alternatif selama beberapa periode teakhir.

Daun dan buah sirsak atau graviola, mengandung beberapa bahan aktif biologis dan phytochemical yang disebut acetogenins, komponen dari buah sirsak yang berperan dalam mereduksi lonjakan gula darah pasien dengan penyakit diabetes melitus.

Graviola atau sirsak, adalah populasi asli dari pepohonan hutan tropik. Buah sirsak kadang-kadang dibuat jus minuman yang sangat populer dan banyak orang menyukai kesegaran oleh rasa alami.

Sirsak juga dianggap sebagai tanaman obat untuk diabetes yang sangat populer di beberapa bagian Afrika dan Amerika Selatan, termasuk Peru, tak terkecuali di Indonesia.

Jurnal daun sirsak untuk pengobatan diabetes

Dalam sebuah studi laboratorium diterbitkan dalam “African Journal of Complementary Tradisional And Alternatif Treatment” , seekor hewan uji yang menderita diabetes diberi suntikan ekstrak sirsak selama dua minggu.

Hasilnya, hewan uji tersebut mengalami penurunan kadar glukosa darah yang mendekati normal, perlakuan ini tanpa tambahan obat diabetes lain.

Dalam makalah lain yang diterbitkan dalam sebuah jurnal di tahun yang sama, tahun 2008, para peneliti menemukan bahwa hewan diabetes uji yang diberi suntikan ekstrak sirsak memiliki kadar antioksidan dalam darah yang sehat, kerusakan hati bisa diminimalisir, dan tingkat kolesterol jahat pada hewan uji mengalami penurunan signifikan.

Sebuah studi lain juga dilakukan di University of Yaounde di Camaroon melaporkan, aktivitas antidiabetes dari ekstrak sirsak ditemukan efek hipolipidemik ( pengurangan lemak dalam darah), antioksidan, dan berperan bisa melindungi ß-sel pankreas.

Hasilnya, hewan dengan diabetes yang diinduksi ekstrak sirsak akan mengalami peningkatan metabolisme glukosa.

Hal ini diharapkan bisa berguna untuk manusia sehingga memperbaiki tingkat sensitifitas insulin, terutama untuk penyandang penyakit diabete melitus tipe 2.

Meskipun jurnal dan studi klinis dengan buah dan daun sirsak untuk diabetes dari subyek hewan uji dikatakan berhasil, namun untuk subyek manusia penyandang diabetes masih diperlukan penelitian laboratorium lebh lanjut.

Mungkin, penelitian ke depan bisa lebih menjanjikan dan menunjukkan bahwa sirsak bisa bermanfaat untuk para penyandang penyakit diabetes melitus.

Cara sirsak menurunkan gula darah diabetes

Diabetes melitus merupakan penyakit yang mematikan, lambat tapi pasti sehingga disebut ” Silent Killer ” penyebab utama kematian dan kecacatan di dunia.

Penyakit diabetes melitus adalah gangguan metabolisme yang mempengaruhi fungsi tubuh untuk memanfaatkan produk pencernaan yang mengatur glukosa darah dan memberikan sel-sel tubuh Anda dengan energi.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh Anda tidak mampu lagi untuk membuat insulin, hormon yang mengatur gula darah. Pada penyakit diabetes tipe 2, sel-sel tubuh Anda menjadi tidak responsif terhadap insulin meskipun pankreas masih membuat jumlah hormon yang cukup.

Kedua tipe diabetes tersbeut, glukosa tidak bisa pindah ke sel-sel yang biasanya digunakan untuk metabolisme dan berbagai aktifitas.

Hasilnya adalah glukosa darah yang terlalu tinggi, berpotensi menyebabkan masalah bagi organ lain dan merampas energi untuk sel-sel tubuh, dan Anda. Akhirnya, gangguan tersebut menimbulkan komplikasi serius yang berhujung pada kematian dini.

Dari berbagai uji klinis, daun dan buah sirsak mempunyai sifat yang dapat membantu Anda menghindari, mencegah, atau mengelola diabetes tipe 2 dengan menjaga glukosa darah Anda dalam rentang yang lebih ke arah normal.

Daun dan buah sirsak atau graviola, mengandung beberapa bahan aktif biologis dan phytochemical yang disebut acetogenins, komponen dari buah sirsak yang berperan dalam mereduksi lonjakan gula darah pasien dengan penyakit diabetes melitus.

Daun, buah dan bahkan biji sirsak dapat membantu mencegah lonjakan gula darah untuk pada tingkat yang stabil.

Cara membuat ramuan daun sirsak untuk diabetes

Tak ada pengaturan khusus dalam mengolah daun dan buah sirsak untuk obat diabetes. Namun, mengonsumsi buah segar untuk jus sirsak akan memberikan anda sensasi kesegaran alami.

Ekstrak daun sirsak juga tersedia sebagai suplemen obat tradisional yang bisa anda dapatkan dari toko atau apotik.

Pengaturan dosis asupan sirsak sangat ditekankan dalam masalah ini. Mengonsumsi daun dan buah sirsak untuk diabetes dalam jumlah besar atau tanpa pengaturan dosis yang jelas, dapat menyebabkan efek samping, yaitu beberapa gejala neurologis.

Konsultasikan setiap permasalahan dengan dokter Anda tentang penggunaan daun dan buah sirsak untuk memutuskan, apakah pengobatan alternatif ini bisa memberi manfaat untuk diabetes Anda.

Efek samping daun sirsak pada tubuh diabetes

– Sirsak meracuni sel-sel otak

Dalam bukunya yang berjudul Bioaktif Foods, Dr. Alex Schauss membahas neurotoxicity akibat tingginya kandungan alkaloid pada buah dan daun sirsak yang diketahui sebagai penyebab kematian neuronal otak, penyebab utama parkinson.

Hal ini memperingatkan bahwa daun dan buah sirsak untuk diabetes harus digunakan dengan hati-hati karena potensi toksisitas neuronal.

Dosis yang tepat dari sirsak tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, tingkat kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Pada saat ini tidak ada cukup informasi ilmiah untuk menentukan kisaran yang tepat dosis sirsak untuk diabetes.

Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan pengaturan dosis adalah sangat penting. Pastikan Anda mengikuti nasehat dan arahan dari apoteker atau dokter kesehatan profesional sebelum menggunakan ramuan tradisional tersebut.

– Daun sirsak melebarkan pembuluh darah

Sebuah studi telah menemukan pada subyek hewan yang diinduksi ekstrak sirsak, kandungan pada tanaman ini dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, sehingga orang-orang yang tekanan darah rendah, atau sedang menggunakan obat hipotensi, harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil sirsak.

– Daun sirsak Kontra indikasi dengan obat jantung

Anda juga dilarang untuk mengonsumsi buah dan daun sirsak ketika Anda mengalami masalah jantung. sebab sirsak kontraindikasi dengan obat jantung. Selain itu, dosis sirsak yang berlebihan dapat menyebabkan mual dan muntah

– Wanita hamil dilarang konsumsi sirsak

Efek samping lain dari buah dan daun sirsak adalah, wanita hamil tidak noleh mengambil obat dari buah sirsak, atau mengonsmsi buah sirsak sebagai hobi.

Hal ini karena, penggunaan jus sirsak akan meningkatkan kontraksi rahim yang bisa berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandung. Selain itu wanita menyusui harus menghindari menggunakannya.

– Sirsak menyebabkan parkinson

Buah sirsak juga bisa mematikan sel-sel saraf di otak atau berbagai bagian lain dari tubuh. Jika Anda memiliki gangguan fungsi saraf, seperti penyakit Parkinson, mengonsumsi buah dan daun sirsak bisa membuat masalah Anda menjadi lebih buruk.

Sebelum Anda mulai memanfaatkan setiap obat alami untuk pengobatan alternatif, sangat penting untuk mengetahui efek samping.

Beberapa orang mengabaikan momen penting ini dan mereka terburu-buru mulai menggunakan pengobatan alami, akibat masalah biaya pengobatan yang mahal. Namun pada akhirnya, mereka menyesal setelah mengalami kejadian diluar praduga.

Sebelum Anda mulai menggunakan buah ataupun daun sirsak, Anda minta rekomendasi dari dokter atau ahli diabetes. Mereka akan mempertimbangkan ketika tubuh anda bereaksi saat anda setelah menggunakan obat daun/buah sirsak. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Pengobatan Alternatif #Pengobatan Diabetes