Mencegah Hiperglikemia Saat Pesta Makan

315 views

Tidak ada batasan yang sangat ketat bagi orang-orang dengan diabetes melitus saat ingin menghadiri pesta makan-makan, baik itu pesta pernikahan, pesta ulang tahun, tasyakuran dan lain-lain.

Namun, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat diabetes anda adalah tetap konsisten dalam menjaga diet diabetes dan kontrol gula darah Anda.

Penyebab utama dari kecemasan bukan dari meriahnya pesta, tetapi ada beberapa jenis makanan yang disajikan dalam pesta sering di luar rencana diet Anda, dan ini sudah sangat umum.

Makanan enak dan manis adalah makanan yang hampir selalu ada di setiap pesta dan harus dibatasi untuk penderita diabetes. Makanan yang dihias beraneka warna selalu menggoda selera untuk mencicipi.

Akibatnya, acara menyenangkan berubah menjadi kesedihan. Menghindari makan enak bagi siapapun saat menghadiri pesta adalah lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Kebanyakan, orang berharap untuk bersenang-senang di sebuah pesta, terutama pesta pernikahan atau pesta ulang tahun teman atau keluarga.

Tapi untuk penderita diabetes akan menjadi masalah serius jika makan berlebihan karena akan menyebabkan resiko peningkatan gula darah (hiperglikemia).

Namun, Anda tak perlu kuatir. Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa membantu problem anda saat mengontrol gula darah di pesta.

1. Lakukan olah raga kecil di rumah.

Gerak badan meski sedikit akan menurunkan kadar glukosa darah dan sedikit bergerak akan umeningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Olah raga dapat membantu mengekang nafsu makan, karena saluran pencernaan melambat selama latihan, dan glukosa akan dialihkan ke area lain dari tubuh yang membutuhkan lebih banyak energi.

2. Makan kecil dulu sebelum Anda pergi.

Nikmati camilan sehat 1-2 jam sebelum menuju keluar rumah. Konsumsi beberapa potong buah segar atau sedikit sayuran. Buah dan sayuran akan bisa bertahan lama dalam perut sehingga Anda mudah menghindari godaan untuk mencicipi makanan karena rasa lapar.

3. Menghitung antara karbohidrat dan insulin

Kebanyakan, orang dengan diabetes yang pengalaman, mereka yang biasa menggunakan insulin rejimen bolus basal, mengganti dengan memilih insulin tambahan yang bekerja cepat untuk mengimbangi makanan yang mereka makan selama pesta. Memperkirakan jumlah karbohidrat dalam makanan dan memutuskan jumlah insulin yang dibutuhkan adalah sebuah kecerdasan yang seiring dengan pengalaman.

Pada prinsipnya, Anda harus cerdas untuk mengetahui beberapa bahan dasar dalam makanan dan mampu menganalisa insulin yang dibutuhkan.

4. Ingat, karbohidrat akan meningkatkan gula darah

Ingat, semua makanan pasti mengandung karbohidrat, bukan hanya gula saja yang dapat mempengaruhi gula darah Anda. Ini adalah dasar dari perencanaan diet diabetes. Mungkin banyak orang berpikir bahwa hanya makanan manis saja yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

Sekarang, banyak orang memahami bahwa semua karbohidrat, buah, susu, atau permen, dapat mempengaruhi kadar gula darah dengan cara yang sama. Misalnya, satu porsi 15 gram gula (1/2 cup es krim) dan satu porsi 15 gram karbohidrat pati (1 potong roti), menyebabkan peningkatan gula darah adalah sama.

Jadi, bijaklah dalam memilih makanan selama di pesta. Intinya, diet terbaik untuk kontrol gula darah bagi diabetesi saat menghadiri pesta adalah makanan yang ber indeks glikemik rendah, non lemak, rendah sodium dan sedikit gula, namun tinggi serat.

5. Menghitung anggaran karbohidrat.

Ini adalah metode rencana diet di mana setiap penderita diabetes memiliki “anggaran karbohidrat” setiap kali makan dan ngemil. Anggaran karbohidrat dihitung dalam gram atau porsi.

Sebagai contoh, anggaran karbohidrat yang khas adalah 45 gram (3 porsi) dari jumlah karbohidrat setiap kali makan untuk perempuan dan 60 gram (4 porsi) untuk pria. Untuk snack baik pria maupun wanita cenderung sama yaitu 15 sampai 30 gram (1-2 porsi) dari karbohidrat. Semua hitungan karbohidrat itu bisa Anda implementasikan selama pesta.

6. Membuat pilihan makanan terbaik.

Membuat pilihan makanan yang akan Anda makan harus sesuai dengan diet Anda. Misalnya, dalam sebuah pesta pernikahan mayoritas adalah kue dan es krim. Ke dua makanan ini sering menghiasi ruang tamu.

Kebanyakan es krim mengandung sekitar 7-10% lemak dan sekitar 80 -120 kalori per sendok makan. Anda harus mempertimbangkan lagi ketika ingin menikmatinya, katakan lebih baik tidak. Meskipun bukan “karbohidrat rendah,” kue mungkin menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang anda memilih es krim.

Contoh lagi, memilih buah sehat, tetapi pilih potongan kecil ( ambil 1/2 cangkir saja), buah mengandung 15 gram karbohidrat. Jika anda makan beberapa buah utuh, ini akan meningkatkan gula darah. Maka dari itu, hitung jumlah buah, berapa banyak buah yang Anda akan makan.

Cari alternatif lain untuk mengurangi dampak karbohidrat, misalnya, ambil bayam untuk mengisi keju; hindari makan kerupuk atau makanan yang digoreng; menghilangkan kulit roti, atau pilih daun selada untuk mengisi keju.

7. Cari informasi tentang isi makanan dan ukuran porsi karbohidrat.

Untuk membantu diet sehat saat menghadiri sebuah pesta, adalah bijaksana untuk merujuk fakta-fakta nutrisi pada label makanan. Anda dapat membawa buku kecil yang dapat Anda bawa di saku Anda untuk mencatat dan menghitung karbohidrat , karena tidak semua makanan memiliki label. Anda juga dapat menggunakan internet via Smartphone untuk menemukan fakta-fakta gizi berbagai makanan yang Anda temukan.

8. Memilih minuman.

Minuman seperti soda biasa, teh manis, jus buah, dan alk0h0l semuanya mengandung karbohidrat, dan harus dihitung dalam anggaran karbohidrat Anda di setiap minuman.

Pilih minuman dengan sedikit atau bebas karbohidrat seperti teh tanpa gula atau soda diet, jika memungkinkan. Dan ingat bahwa hanya karena sesuatu yang berlabel “bebas gula” atau “tidak ada tambahan gula ” bukan berarti bahwa makanan bebas dari karbohidrat. Selalu membaca label dan mencari fakta-fakta sebelum Anda minum.

9. Hindari minuman tinggi karbohidrat

Minuman ini sangat tinggi karbohidrat dan gula tambahan, dan alk0h0l mungkin adalah pilihan terburuk bagi penderita diabetes. Atau, Anda akan mengalami mimpi buruk Satu hal yang perlu diingat, setiap bentuk alk0h0l yang berlabel rendah gula dan kalori, dapat menyebabkan hipoglikemia pada pagi hari.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya