Sumber Lemak Sehat Untuk Diet Diabetes

329 views

Sumber Lemak Sehat Untuk Diet DM Tipe 1 dan 2. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh, seorang diabetesi baik itu diabetes melitus tipe 1 dan 2 juga butuh lemak yang sehat dalam rangka perawatan dan pengobatan alternatif diabetes di rumah.

Lemak termasuk salah satu nutrisi makro selain karbohidrat dan protein yang harus dipenuhi dalam jumlah cukup untuk segala aktifitas tubuh.

Pengaruh lemak terhadap tubuh adalah meningkatkan metabolisme. Jika metabolisme meningkat, maka meningkat pula proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh terutama bagi diabetesi yang kelebihan berat badan.

Selain itu, lemak yang sehat akan meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah resiko penyakit jantung.

Lemak yang sehat akan meningkatkan jumlah kolesterol baik ( HDL ) dan akan mengurangi kolesterol jahat ( LDL ) sehingga pasien diabetes dapat terhindar dari resiko komplikasi.

Akan tetapi, memilih jenis lemak yang baik dan sehat juga bagian dari rencana diet diabetes. Apa sumber lemak yang baik dan sehat untuk penyandang diabetes ?

Lemak yang menyehatkan untuk diabetesi adalah lemak tak jenuh rantai tunggal, banyak mengandung omega 3, 6, 9 dan mengandung banyak vitamin.

Berikut adalah sumber lemak sehat yang sangat bagus untuk terapi pengobatan rumah diabetes

1. Minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung sekitar 78% lemak jenuh rantai tunggal yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa memengaruhi kolesterol baik.

Minyak zaitun juga mengandung sejenis polifenol yang bermanfaat sebagai anti oksidan dan anti inflamasi.

Selain itu, minyak zaitun dipercaya mampu melancarkan sirkulasi darah sehingga minyak zaitun dapat dijadikan pengobatan alternantif gangren atau infeksi akibat luka yang sulit sembuh.

Cara pakai : minum minyak zaitun 2 kali sehari 1 sendok makan tiap pagi dan sore sebelum makan. ANda juga bisa mencampurkan ke dalam menu masakan, bumbu, atau sebagai pengganti mentega saat akan memanggang daging.

2. Minyak kenari.

Manfaat minyak kenari sangat besar untuk pasien diabetes, terutama diabetes tipe 2. MInyak kenari mengandung omega 3 yang berperan mencegah sumbatan aliran darah. Selain itu, minyak kenari juga mampu meluruhkan lemak di pinggang dimana lemak tersebut sumber resistensi insulin.

Cara pakai : anda bisa menggunakan minyak kenari seperti pada minyak zaitun.

3. Minyak biji labu.

Kandungan vitamin E pada minyak biji labu berperan sebagai anti oksidan dan mencegah komplikasi penyakit jantung pada paenderita diabetes.

4. Minyak biji rami ( Hemseed )

Minyak biji rami sudah sangat dikenal oleh para ahli diet bahwa minyak tersebut sangat banyak omega 3, omega 6 dan omega 9 sehingga minyak ini merupakan minyak menyehatkan yang direkomendasikan untuk diabetesi.

Minyak biji rami bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah asam urat, dan memperbaiki sistem saraf.

Minyak biji rami sangat cocok untuk terapi pengobatan bagi diabetes yang mengalami komplikasi akibat kerusakan saraf dan sirkulasi darah.

5. Minyak wijen.

Minyak ini sangat besar kandungan omega 3 dan 6 sehingga penggunaan untuk pasien diabetes tidak boleh lebih satu cendok teh per hari.

Minyak ini juga bisa dioleskan pada luka akibat infeksi yang sulit sembuh pada penderita diabetes.

Kandungan fitoestrogen pada minyak wijen sangat bermanfaat sebagai terapi pengobatan bagi diabetesi yang mengalami komplikasi tekanan darah tinggi seperti hipotensi postural, hipertensi, kerusakan ginjal, stroke, dan lain-lain.

Untuk lebih jelas, anda perlu bantuan ahli diet diabetes terkait cara penggunaan dan jumlah porsi lemak-lemak sehat diatas disesuaikan dengan kebutuhan metabolisme tubuh anda.

Kebutuhan metabolisme tergantung seberapa tingkat aktifitas harian anda.

Semakin tinggi aktifitas, maka kebutuhan metabolisme juga semakin meningkat. Semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh, maka semakin tinggi pula pembakaran lemak tak sehat dan tumpukan kalori dalam tubuh.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya