Cara Perawatan Alami Kaki Busuk Gangren

521 views

Perawatan Kaki Busuk Pada Diabetes Tipe 1 dan 2.  Cara Mengeringkan Kaki Busuk Pada Diabetes Melitus. Masalah yang paling sering timbul dan merepotkan bagi penyandang diabetes melitus adalah luka di kaki.

Jika luka tersebut dibiarkan tanpa dilakukan pengobatan, maka akan meningkatkan resiko infeksi parah sehingga kaki menjadi busuk.

Diabetes dapat merusak saraf kaki yang meningkatkan risiko cidera parah dan ulserasi sehingga menyebabkan munculnya gangren yang bernanah dan berakhir dengan amputasi.

Mekanismenya, kaki busuk pada diabetesi disebabkan karena matinya sel-sel jaringan kaki akibat kerusakan saraf ( diabetes neuropati ) dan sirkulasi darah yang buruk di kaki sebagai akibat kondisi hiperglikemik yang berulang-ulang.

Karena kerusakan saraf, pasien menjadi kurang peka terhadap bentuk luka kecil di kaki namun merasa nyaman-nyaman saja, akhirnya timbul infeksi parah.

kaki gangren

kaki gangren

Gangren ditandai dengan kulit disekitar luka berwarna kehitaman, berbau amis dan kadang mengeluarkan nanah yang berbau busuk. Jika anda mengalami kaki busuk akibat gangren, anda harus segera melakukan pengobatan.

Sebab, jika infeksi sudah menjangkit ke tulang maka kaki yang busuk harus diamputasi dan anda harus kehilangan salah satu anggota tubuh.

Bagaimana cara cepat mengeringkan kaki busuk akibat gangren pada pasien diabetes melitus agar tidak beresiko amputasi ? Jika anda sudah melakukan berbagai pengobatan namun hasil kurang memuaskan, cobalah pengobatan alternatif yang satu ini.

Pengobatan alternatif untuk mengatasi luka infeksi bakteri dan jamur yang serius seperti eksim, kadas, borok bernanah yang parah, dan khusus untuk gangren sudah diterapkan oleh orang-orang dahulu.

Hanya saja informasi ini masih bersifat tradisional dan tak banyak orang mengetahui.

Berikut adalah langkah-langkah untuk perawatan dan mengeringkan kaki busuk akibat diabetes

1. Perbaiki gaya hidup anda.

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kaki busuk pada diabetesi dikarenakan kadar glukosa darah tinggi sehingga menyebabkan sirkulasi darah tersumbat dan kerusakan saraf.

Untuk mempercepat pengobatan, maka penyebab utama harus diperbaiki terlebih dahulu yaitu dengan perbaikan pola hidup. Gaya hidup yang bagaimana ?

– Jangan merok0k. Mer0kok akan meningkatkan resiko pengerasan arteri yang menyebabkan sirkulasi darah tersumbat. Kombinasi antara diabetes dan mer0kok akan meningkatkan resiko kaki busuk akibat ganren muncul 2 kali lipat ketimbang diabetes tanpa mer0kok.

– Olahraga ringan. Olah raga akan meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah lancar, maka oksigen dalam aliran darah dan sel-sel darah putih juga lancar. Oksigen dan darah putih berperan besar dalam pengobatan berbagai luka, terutama kaki busuk diabetesi.

Contoh olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi. Saat jalan pagi, sebaiknya tanpa alas kaki. Hal ini dilakukan untuk memancing sensitifitas saraf-saraf di kaki.

Tetapi yang penting dan hati-hati, perhatikan jalan agar kaki tidak mengalami kesandung atau terkena batu tajam sehingga menimbulkan masalah baru.

– Jangan begadang dan hindari stress. Kualitas tidur yang buruk dan stress akan meningkatkan resiko gangguan sirkulasi darah.

– Lakukan diet diabetes. Anda bisa mendapatkan informasi tentang diet diabetes pada halaman blog ini.

2. Manfaatkan Air ludah basi dan binahong.

Mengapa air ludah basi ? Air ludah basi adalah air ludah yang muncul pada pagi ketika anda setelah bangun dari tidur malam dan keadaan mulut belum dimasuki apapun.

Jadi, air liur yang keluar setelah tidur merupakan air liur yang murni hasil sekresi tubuh anda sendiri. Jika mulut sudah dimasuki pasta gigi, maka kualitas air liur sebagai antibakteri akan rusak.

Apa manfaat air liur basi yang muncul pada pagi hari ? Tingkat kepekatan enzim-enzim pembunuh bakteri dan jamur pada air liur di pagi hari dengan konsentrasi sangat tinggi.

Enzim-enzim pada air ludah atau air liur yang berperan sebagai pembunuh bakteri dan jamur.adalah seperti : tiosianat, hidrogen peroksida, dan immunoglobulin. Sedangkan enzim lisosim berfungsi untuk lisis bakteri.

Kenapa binahong ? Daun binahong mengandung beberapa kandungan kimia seperti flavonoid dan asam oleanolik yang bermanfaat sebagai anti bakteri, anti inflamasi dan anti radikal bebas. Sedangkan kandungan asam askorbat dalam daun binahong berperan sebagai pembentukan kolagen dan mempercepat pengeringan borok kaki yang basah dan busuk.

Bagaimana cara menggunakan air liur basi dan daun binahong dalam pengobatan alternatif untuk mengeringkan kaki busuk dengan cepat akibat gangren pada diabetesi ?

Berikut adalah tahapan pengobatannya :

– Setelah anda bangun tidur, sebaiknya tutup mulut anda dan jangan dimasukin apapun. Bersihkan kaki busuk dengan air hangat dan sabun anti kuman dan keringkan dengan kain kering yang bersih dan lembut. Kain harus bersifat menyerap air agar kulit cepat kering.
– Kunyah beberapa daun binahong yang sudah dibersihkan dengan air hangat steril dan tempelkan pada kaki busuk anda. Anda jangan kuatir dengan keasaman daun binahong karena sudah dinetralisir dengan air ludah sehingga kaki anda merasa nyaman selama pengobatan.
– Tutup dan balut kaki anda dengan perban.
– Lakukan pengobatan tiap hari di pagi hari.

3. Hindari pantangan-pantangan selama pengobatan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda lakukan agar hasil pengobatan kaki busuk menjadi kering maksimal, yaitu

– Hindari mengkonsumsi junk food, fast foods, dan makanan instan kemasan yang biasa dijual di warung makan atau rumah makan, seperti : makanan ringan kemasan, bakso, mie ayam, kue olahan, dan produk-produk makanan yang dijual lainnya.
– Hindari makanan yang mengandung pengawet, MSG, dan garam.
– Hindari makanan protein hewani baik itu berlemak atau non-lemak seperti : daging kambing, sapi, ayam, ikan laut, ikan kali, dan lain-lain.
– Pilih nasi jagung atau beras merah untuk makanan sehari-hari ketimbang makan nasi putih. Jika ingin makan, biarkan nasi menjadi dingin minimal 12 jam setelah dimasak.
– Hindari mengkonsumsi buah dan sayuran yang dicurigai mengandung pestisida. Jika ingin makan sayuran atau buah, pilih yang berindeks glikemik rendah dan anda mengetahui sejarah selama petani membudidayakan buah atau sayuran tersebut. Disarankan, menanam sayuran atau buah-buahan di pekarangan rumah itu sangat baik ketimbang anda membeli di pasar.
– Jangan makan durian, petai, jengkol, nangka, melinjo, baik itu buah ataupun daunnya.

Itulah beberapa langkah dan cara jitu untuk mengeringkan kaki busuk pada diabetes untuk menghindari resiko amputasi, sangat simple bukan ?

Meskipun cara yang sederhana, tetapi tidak banyak orang yang tahu karena pengobatan yang dilakukan orang-orang terdahulu bersifat tutur, wur dan sembur, tidak dipublikasikan di media sosial.

Tambahan lagi, pengobatan alternantif tersebut dapat diaplikasikan untuk semua luka yang sulit sembuh baik pada orang diabetes ataupun orang sehat nondiabetes. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya