Diabetes Pada Orang Kurus

356 views

Apa saja penyebab diabetes  pada orang kurus. Mengapa orang kurus bisa menderita diabetes? Diabetes tidak hanya berpotensi menyerang pada orang obesitas. Tetapi, diabetes juga bisa menimpa pada orang-orang kurus atau tubuh sedang.

Mungkin, orang-orang yang punya BMI 17.0 – 20.0 atau tubuh kurus hingga sedang, mereka merasa aman dari resiko diabetes.

Padahal, diabetes akan menyerang siapa saja jika memenuhi syarat-syarat  gejala diabetes tipe 2.

Lalu, siapa saja orang-orang bertubuh kurus yang menjadi target resiko diabetes tipe 2 ?. Mari kita ulas sedikit mengenai informasi ini.

Penyebab

Diabetes pada orang kurus disebabkan karena unsur dari dalam dan luar. Faktor keturunan dan kebiasaan buruk menjadi agen utama penyebab diabetes. Berikut beberapa ulasan dari penyebab diabetes tipe 2 yang menyerang ke orang-orang bertubuh kurus hingga sedang

1. Keturunan.

Orang tua, atau nenek, bahkan kakek, atau saudara sekandung dimana salah satu dari mereka menderita diabetes akan menurunkan anak atau cucu dengan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 lebih mungkin diwariskan ketimbang diabetes tipe 1, ada cacat spesifik pada sel beta pankreas pulau langerhans penghasil insulin.

Penyebab lain terkait diabetes keturunan, pada waktu masih janin, dia mengalami resistensi insulin dalam kandungan pada ibu hamil dengan diabetes yang tak terkontrol menjadi salah satu penyebab diabetes pada orang kurus.

2. Ada lemak berbahaya yang tersembunyi.

Lemak tubuh yang tampak pandangan oleh mata, identik dengan orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Akan tetapi, bagaimana dengan lemak yang berada di dalam tubuh atau lemak yang tak tampak oleh mata ?

Orang-orang kurus, beberapa dari mereka ada tumpukan lemak yang tak terlihat yang biasa disebut lemak visceral. Munculnya lemak visceral pada tubuh orang kurus disebabkan karena malas olahraga atau aktifitas fisik lainnya.

Lemak visceral bisa menyelubungi organ dalam seperti pankreas, hati, dan ginjal. Ke tiga organ tersebut berperan dalam metabolisme glukosa.

Jika ke tiga organ tubuh mengalami gangguan kerja, maka metabolisme glukosa pun mengalami gangguan.

Selain itu, lemak visceral dapat memproduksi hormon adipositokin yang melawan insulin.

Kondisi ini tentu saja akan berdampak resistensi insulin dimana beberapa tahun ke depan akan mengembangkan resiko diabetes tipe 2.

3. Kebiasaan buruk

Orang yang gemar mer0kok biasanya nafsu makan menurun sehingga pola makan tidak teratur yang otomatis akan menambah kurus badan dan gangguan metabolisme.

Orang mer0kok juga gemar minuman manis seperti kopi, soda, teh manis, dan lain-lain. Hal ini akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Namun yang jelas, mer0kok dapat menyebabkan pengerasan arteri yang berdampak sirkulasi darah mengalami gangguan yang berhujung pada gangguan metabolisme glukosa.

Jika sirkulasi glukosa dalam darah mengalami gangguan, otomatis glukosa akan menumpuk dalam darah sehingga pankreas memproduksi insulin dalam jumlah banyak.

Setelah beberapa tahun, resiko akan meningkat ke resistensi insulin hingga diabetes tipe 2.

Minuman beralk0hol seperti anggur kolesom, anggur merah, dan lain-lain mempunyai kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi.

Percepatan dan peningkatan kadar gula darah setelah minum minuman tersebut, pada orang kurus lebih cepat ketimbang orang-orang yang punya tubuh lebih gemuk, sehingga pankreas memproduksi insulin dalam jumlah banyak dan lebih cepat.

Jika orang kurus sering minum minumal beralk0hol, maka dampak resistensi insulin akan semakin besar dan resiko diabetes tipe 2 semakin banyak peluang untuk menimpa mereka.

Di sisi lain, hati juga terpengaruh. Hati juga mempunyai tugas mensekresi glukosa yang dilepaskan ke aliran darah, akan tetapi kandungan alk0hol pada minuman tersebut mencegah pelepasan glukosa sehingga terjadi gangguan kerja hati.

Orang-orang kurus yang mengalami gangguan kerja hati akibat miras, lama waktu berlanjut ke depan akan mengembangkan diabetes tipe 2 yang berkomplikasi dengan penyakit liver atau hepatitis.

Sebenarnya, masih banyak penyebab diabetes tipe 2 yang menyerang pada orang kurus.

Pengobatan

Kadang, penggunaan obat yang berhubungan dengan kondisi kesehatan mereka dapat meningkatkan gula darah, seperti steroid, pil k0ntrasepsi, terapi pengganti hormon, thiazid diuretik, obat hormon petumbuhan, dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi dokter atau ahli diabetes terdekat di kota anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Gejala Diabetes Tipe 2 #Penyebab Diabetes Tipe 2