PreDiabetes Bisa Sembuh Total Dengan Cara Ini…

374 views

Apakah Prediabetes Bisa Sembuh Total? Banyak sekali cara untuk mengobati prediabetes untuk mencegah resiko tidak meningkat menjadi diabetes melitus tipe 2.

Akan tetapi, setiap pengobatan untuk tiap pasien prediabetes mempunyai cara berbeda, hal ini tergantung dari kondisi pasien itu sendiri.

Maka sebab itu, penting bagi Anda untuk mendapatkan rekomendasi dokter atau ahli diabetes terkait beberapa pengobatan alternatif yang kadang menimbulkan efek samping terhadap tubuh anda, terutama penggunaan  tanaman obat.

Karena prediabetes jarang menampakkan gejala, anda bisa melakukan tes darah dengan berpuasa untuk tidak makan selama minimal 8 jam, lalu tes darah anda pada pagi hari dengan glukotest.

Ketika anda mendapatkan kadar gula darah puasa pada diatas 100 mg/dl hingga 125 mg/dl, ini berarti anda berada di posisi prediabetes. Jangan tunggu waktu lama, segera lakukan pengobatan sejak dini untuk menormalkan gula darah anda kembali.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati, agar prediabetes bisa sembuh total.

1. Tingkatkan aktifitas fisik.

Aktifitas fisik yang benar dan terjadwal, akan meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan aktifitas fisik atau olah raga maka glukosa akan dibakar menjadi energi dan keringat oleh otot-otot tubuh sehingga kadar glukosa dalam darah menjadi turun, meski tanpa bantuan insulin.

Jika otot pada tubuh anda banyak aktifitas, maka beban kerja pankreas akan sedikit berkurang karena pankreas akan sedikit mensekresi insulin.

Bagaimana olah raga dapat mengobati prediabetes?

Dengan banyak melakukan aktifitas fisik, maka lemak-lemak diperut akan dibakar menjadi tenaga sehingga terjadi pengurangan hormon adipositokin secara signifikan.

Hormon adipositokin ( adipocytokine hormon ) adalah hormon yang dihasilkan oleh lemak, terutama pada lemak di perut dimana hormon ini bertindak sebagai anti insulin.

Jika jumlah hormon adipositokin berkurang, maka akan meningkatkan sensitifitas insulin sehingga pengobatan prediabetes dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat.

Dengan aktifitas fisik secara teratur dan terprogram, maka lemak tubuh akan meningkatkan jumlah hormon adiponektin.

Hormon adiponektin ( adiponectin hormon ) adalah hormon yang dihasilkan oleh lemak sehat yang berfungsi sebagai lawan dari hormon adipositokin.

Hormon adiponektin bersifat pro-insulin sehingga dengan meningkatkan jumlah hormon tersebut maka akan menjadi kontribusi yang positif terhadap pengobatan prediabetes.

Dengan meningkatkan aktifitas fisik, maka akan meningkatkan sensitifitas reseptor insulin. Reseptor insulin adalah sebuah pintu masuk bagi insulin bersama glukosa yang terdapat pada dinding sel.

Jika pintu ini bisa dikendalikan, maka insulin bersama glukosa akan mudah masuk ke dalam sel-sel tubuh sehingga insulin dan otot akan merubah glukosa menjadi energi dan bahan makanan untuk sel-sel pertumbuhan.

Selama pengobatan prediabetes dengan olah tubuh, Anda tak perlu melakukan olah raga berlebihan yang akan merusak tendon dan otot.

Hanya dengan aktifitas fisik selama 25 – 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu maka lemak dan glukosa dalam darah akan dibakar oleh otot sehingga akan terjadi penurunan kadar gula darah secara signifikan.

Anda dapat melakukan aktifitas seperti jogging, main treadmill, jalan cepat, skipping, sit up, aerobik, dan lain-lain.

2. Buat rencana diet diabetes.

Cara jitu agar prediabetes bisa sembuh total adalah dengan menerapkan diet diabetes. Memperbaiki pola makan atau diet diabetes adalah kunci pengobatan dan penyembuhan prediabetes. Berikut adalah beberapa makanan yang boleh dan makanan yang dilarang selama diet diabetes, yaitu

– Batasi makan lemak jenuh.

Biasanya, lemak jenuh terdapat pada daging, minyak sawit, mentega, margarin, dan lain-lain. Jika ingin makan daging, bersihkan lemak dan kulit. Pilihlah makanan yang direbus atau dipanggang dan jangan memilih makanan yang digoreng. Konsumsi minyak jenuh rantai tunggal seperti minyak zaitun, minyak kanola, minyak bunga matahari, dan lain-lain.

– Batasi penggunaan gula.

Gula akan meningkatkan kadar glukosa darah. Namun, anda juga tidak boleh menghilangkan gula pada makanan anda. Anda hanya membatasi penggunaan gula. Jika ingin, gunakan madu sebagai pengganti gula, atau gula batu bisa menjadi alternatif. Gula batu bersifat ramah untuk pankreas anda, namun gunakan dalam jumlah yang terbatas.

– Tingkatkan asupan omega 3.

Ini banyak terdapat pada jenis ikan seperti makarel, sarden, tuna, dan lain-lain. Omega 3 akan meningkatkan metabolisme anda. Jika metabolisme meningkat, maka anda akan mudah mengendalikan gula darah.

– Pilih karbohidrat yang indeks glikemik rendah

Seperti bubur, sereal, beras merah, beras jagung, dan lain-lain. Makanan karbohidrat yang indeks glikemik rendah akan lebih lambat dalam meningkatkan gula darah.

– Tingkatkan asupan serat.

Temukan serat pada sayuran seperti brokoli, sawi, kembang kol, kacang panjang, lentil, buncis, dan lain-lain. Serat akan membantu tubuh anda dalam pencernaan makanan dan metabolisme glukosa.

– Makan buah-buahan.

Pilihlah buah-buahan yang kadar gula dan indeks glikemik rendah seperti jeruk, mentimun, pisang, buah persik, aprikot, apel, mentimun dan lain-lain.

3. Mengobati prediabetes dengan undur-undur (Myrmeleon sp)

Undur-undur atau antlion, adalah serangga kecil pemakan semut yang hidup di lingkungan berdebu dan biasanya mereka berada disekitar halaman rumah.

Menurut beberapa penelitian, serangga ini mengandung sulfonilurea yang berguna untuk meningkatkan aktivitas pankreas dalam memproduksi insulin sehingga kemungkinan bisa dijadikan obat alternatif untuk prediabetes.

Di daerah Karimun Jawa, banyak penduduk berpredikat sebagai penderita diabetes tipe 2 dan undur-undur dianggap mampu mengobati diabetes.

Cara mengonsumsi undur-undur, ambil beberapa undur-undur, masukkan 2 – 3 ekor ke dalam kapsul dan makan 2 kali sehari, pagi dan malam setelah makan.

Sebaiknya, konsultasikan masalah ini pada dokter atau ahli diabetes, sebab reaksi alergi akibat makan undur-undur mungkin muncul pada orang-orang tertentu.

4. Perbanyak minum air putih.

Air putih atau mineral akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Air putih juga dapat mengontrol keseimbangan cairan tubuh dan kelebihan gula darah.

Air putih juga berfungsi sebagai detox yang dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Selain mampu mengontrol glukosa, air putih juga mampu mengontrol tingkat kolesterol sehingga resistensi insulin sebagai akar masalah dari prediabetes dapat diobati.

Baca : Air putih turunkan kepekatan  gula darah

Yang tak kalah penting adalah pemantauan kadar gula darah selama Anda mengobati prediabetes. Anda bisa melakukan tes glukosa darah dengan glukotest.

Lakukan tes glukosa darah minimal 3 bulan sekali. Jika hasil kontrol menunjukkan kesembuhan prediabetes setelah melakukan pengobatan, sebaiknya diet diabetes dan aktifitas fisik masih tetap dilakukan, sebab prediabetes bisa kambuh jika anda kembali ke gaya hidup lama yang buruk. Jika anda ragu dengan kontrol glukosa mandiri, anda bisa meminta saran pada dokter.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #PreDiabetes