Cara Alami Mengobati Komplikasi Jantung Koroner

351 views

Cara Alami Mengobati Komplikasi Jantung Koroner. Penyakit jantung koroner adalah salah satu pembunuh nomer satu di dunia. Tak hanya untuk orang diabetes, akan tetapi penyakit ini juga berisiko pada orang non-diabetes.

Namun, risiko komplikasi diabetes jantung koroner lebih mungkin terjadi pada diabetesi tipe 1 dan 2, ketimbang orang non-diabetes.

Risiko jantung koroner pada diabetesi disebabkan karena hiperglikemik berulang-ulang dan kolesterol tinggi sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh arteri dan koroner akibat penumpukan glukosa dan lemak dalam darah.

Seorang diabetesi bisa selamat dari risiko komplikasi jantung koroner jika mereka sering melakukan medikal check up dan melakukan perbaikan dengan pengendalian tekanan darah, kolesterol, dan glukosa darah.

Beberapa kriteria target agar diabetesi terhindar dari risiko jantung koroner adalah kadar hemoglobin A1c harus di kisaran 6.5 – 7.5%, total LDL harus di bawah 2.0 mmol/liter, dan tekanan darah tak boleh lebih dari 140/80.

Jika Anda mengalami beberapa gejala jantung koroner seperti

– Dada sebelah kiri terasa sakit seperti ditusuk-tusuk atau disayat pisau.
– Tulang pinggang dan lengan kiri terasa kaku dan ngilu.
– Sering keluar keringat dingin.

Waspadalah, mungkin anda akan terserang komplikasi jantung koroner. Segera lakukan pengobatan untuk mencegah risiko jatung koroner meningkat ke lebih parah. Berikut adalah 3 cara pengobatan untuk komplikasi jantung koroner pada diabetesi.

1. Pengobatan alternatif

Anda bisa membuat pengobatan alternatif  untuk jantung koroner diabetes. Siapkan 5 lembar daun sembung dan 5 lembar daun sambung nyowo. Keringkan dengan sinar matahari.

Setelah kering, remukkan ke 2 bahan tersebut dengan tangan, dan campurkan. Buat minuman seperti teh. Ambil sepucuk sendok teh ramuan dan tuangkan air panas 200 cc.

Tutup rapat gelas dan biarkan hingga dingin. Jangan mencampur ramuan ini dengan gula pasir, atau madu, karena gula darah Anda berada di level tinggi.

Jika ramuan obat dirasa sangat pahit, Anda bisa menggunakan pemanis buatan khusus diabetes yang dijual di apotik namun dalam jumlah sedikit.

Pemanis buatan mempunyai indeks glikemik rendah, jadi alasan ini sangat bisa diterima untuk campuran ramuan obat. Gunakan ramuan 2 kali sehari pada pagi dan malam setelah makan.

Bahan aktif

– Daun sembung ( Blumea Balsamifera ) mempunyai bahan aktif seperti borneol, sineol, dimethil ether phoroacetophenone, dan limonene yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dengan memecah gumpalan darah akibat sumbatan.

Selain itu, kandungan bahan aktif pada daun sembung berperan sebagai peluruh lemak sehingga dapat mengurangi sumbatan sirkulasi darah akibat kolesterol tinggi.

– Daun sambung nyowo ( Gynura procumbens ) mempunyai bahan aktif seperti flavonoid, saponin, minyak atsiri, poliphenol, dan steroid.

Steroid pada daun sambung nyowo bukanlah jenis obat steroid yang bisa mengacaukan gula darah, tetapi steroid pada daun sambung nyowo adalah steroid alami yang memberikan keuntungan bagi diabetesi. Steroid alami pada daun sambung nyowo akan meringankan pernafasan anda.

Manfaat komponen dan bahan aktif pada daun sambung nyowo pada diabetes adalah memecah gumpalan kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan membantu metabolisme glukosa sehingga meringanan kerja hati dan pankreas.

Dengan meluruhkan kolesterol dan memecah gumpalan darah, maka sirkulasi dan tekanan darah menjadi normal kembali sehingga resiko jantung koroner dapat dicegah dan diobati lebih dini.

Perhatian :

Pengobatan ini dilakukan ketika kondisi anda tidak menunjukkan keadaan jantung koroner yang parah.

Artinya, pengobatan alternatif jantung koroner hanya dilakukan sebagai rawat jalan saja atau pengobatan rumah. Jika kondisi anda parah, anda harus pergi ke dokter atau rumah sakit untuk mendapat perawatan yang serius.

2. Diet seimbang dan aktif selama pengobatan jantung koroner

Diet bagi diabetesi berperan penting untuk mencegah berbagai penyakit dan sarana pendukung dalam rangka pengobatan berbagai komplikasi, terutama serangan jantung koroner.

Pada intinya, diet untuk mencegah risiko atau mengobati jantung koroner adalah diet rendah lemak, rendah kalori serta membatasi penggunaan garam ( sodium dan natrium ).

– Diet rendah lemak seperti : menghindari makan jeroan, menghilangkan lemak pada daging, membuang kulit hewan sembelihan, menghindari lemak jenuh, menghindari lemak trans dan lain-lain.
– Diet rendah kalori bertujuan untuk mengurangi dan memperlambat kenaikan glukosa darah setelah makan. Saat memilih makanan rendah kalori, pilih makanan indeks glikemik rendah, perbanyak asupan serat, dan perbanyak minum air putih.
– HIndari penggunaan garam. Jika makanan dirasa kurang mantap, anda bisa mengganti garam dengan rempah-rempah yang ada di dapur. HIndari mengkonsumsi junk food atau fast food yang biasa disajikan di warung atau rumah makan. Biasanya, makanan tersebut tinggi garam dan lemak.

3. Olahraga

Selama pengobatan jantung koroner, diabetesi tidak boleh berolahraga yang memacu adrenalin. Pilih olahraga yang rileks seperti senam atau yoga.

Olahraga pernafasan sangat bagus untuk diabetesi yang mengalami gejala jantung koroner. Selain melonggarkan pernafasan, juga dapat melancarkan peredaran darah dan menghilangkan setress. Jika stress hilang, maka tekanan darah juga menjadi lebih rileks dan turun.

Ke tiga pengobatan alternatif tersebut dapat diaplikasikan menjadi satu rangkaian dalam rangka mencegah dan mengobati resiko komplikasi serangan jantung koroner. Selain untuk diabetesi, pengobatan ini bisa dimanfaatkan dan diaplikasikan pada orang sehat non-diabetes. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya