Menurunkan Gula Darah Setelah Makan Dengan Mentimun

396 views

Menurunkan Gula Darah Setelah Makan. Siapa tak kenal mentimun hutan ? Buah warna hijau menyegarkan dengan kulit berbintil berkadar air 93% plus multivitamin dan mineral.

Konon kata banyak orang, mentimun hutan bisa menurunkan kadar gula darah. Namun, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mentimun tidak bisa menurunkan kadar gula darah pada diabetesi.

Akan tetapi, makan mentimun adalah sebuah cara untuk memperlambat kenaikan kadar gula darah secara signifikan pada pasien diabetes setelah makan besar. Kenapa bisa ? Karena mentimun mempunyai kandungan indeks glikemik sangat rendah di bawah 15.

Selain itu, kandungan serat dan kadar air yang sangat tinggi pada timun dipercaya dapat membantu metabolisme glukosa sehingga membantu kerja pankreas. Meski ada rasa sedikit pahit, mentimun hutan mengandung senyawa Cucurbitacin yang dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dan menghambat sel-sel kanker.

Namun, satu cangkir potongan mentimun mengandung 1.89 gram karbohidrat. Meskipun mentimun hutan mengandung karbohidrat, tetapi itu tidak mempengaruhi kadar glukosa darah anda karena karbohidrat pada mentimun adalah non-tepung dengan indeks glikemik yang sangat rendah.

Mentimun adalah sayuran non-tepung yang penting untuk diet sehat yang seimbang bagi diabetesi. Selain itu, mentimun juga termasuk jenis karbohidrat sehat dan kaya nutrisi, namun rendah kalori.

Karbohidrat dalam mentimun akan memberikan sel-sel jaringan tubuh dengan nutrisi dan energi yang cukup ketika butuhkan untuk menjalankan fungsinya, tanpa membahayakan kesehatan gula darah Anda.

Dengan mengkombinasi antara mentimun dengan makan besar, maka percepatan kenaikan kadar glukosa darah setelah makan akan diperlambat secara signifikan.

Bagaimana hal ini bisa terjadi ? Jika sebuah makanan indeks glikemik tinggi digabung dengan makanan yang indeks glikemik rendah, maka makanan yang berindeks glikemik tinggi akan berubah menjadi rendah. Dampaknya, kenaikan gula darah pun akan lambat dan bertahap.

Sebaiknya, makan mentimun dulu sebelum makan besar. Dengan makan potongan mentimun plus kulitnya sejumlah 1 cangkir pada 1/2 – 1 jam sebelum makan besar, ini akan membantu kerja insulin terutama pada diabetesi tipe 2 dimana kondisi pankreas mereka sangat sedikit dalam mensekresi insulin.

Makan mentimun sebelum makan besar juga dapat mengurangi nafsu lapar sehingga cocok untuk diet menurunkan berat badan untuk obesitas dengan diabetes atau non-diabetes.

Akan tetapi, mentimun juga mempunyai efek samping bagi diabetesi yang akan melakukan aktifitas seperti olahraga atau pekerja berat.

Resiko hipoglikemik akan menimpa jika mereka makan mentimun akibat lambatnya kenaikan kadar glukosa darah dan tenaga yang terkuras.

Oleh sebab itu, anda harus bijak saat hendak mengkonsumsi mentimun. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi Anda sendiri agar tidak terjadi kesalahan setelah mengkonsumsi mentimun. Semoga bermanfaat.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya