Diabetes Pada Usia Muda 20 – 35 th

364 views

Diabetes Usia Muda. Pada umumnya, diabetes menyerang orang-orang dengan usia diatas 40 tahun. Akan tetapi, ada jenis diabetes yang langka dan menyerang orang pada usia muda terutama pada anak-anak dan remaja di usia sekitar 11 – 20 tahun, dan 20 – 35 th yaitu diabetes usia muda  sehingga orang-orang salah menyangka bahwa itu adalah penyakit diabetes tipe 1 dan salah pengobatan dengan diberi suntikan insulin.

Para pengidap diabetes usia muda, tubuh mereka masih menghasilkan insulin namun dalam jumlah terbatas seperti halnya penyadang diabetes tipe 2 pada umumnya.

Antara diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2 usia muda adalah dilihat dari faktor penyebab, yaitu faktor genetik ( keturunan ).

MODY atau Maturity Onset Diabetes Of  The Young, atau nama lain dari diabetes usia muda, muncul pada usia remaja dan hampir sekitar 50% dari anggota keluarga ikut terkena dampaknya ( dominan autosomal ).

Alasan terjadinya diabetes di usia muda

Biasanya, orang muda yang terkena serangan MODY tidak membutuhkan suntikan insulin tambahan karena pankreas masih memproduksi insulin meski sangat terbatas.

Terdapat perbedaan yang spesifik dari penyandang diabetes tipe 1 dan tipe 2 usia muda yaitu pada kondisi pankreas pada masing-masing penderita. Pada diabetes tipe 1, zat antibodi ( protein ) yang dibentuk oleh tubuh, menyerang sel-sel pulau langerhans pada pankreas yang sehat ( gangguan endoktrin autoimun ).

Sel-sel ini bertanggung jawab dan berperan sebagai produsen hormon insulin. Akibatnya, produksi insulin menjadi sangat sedikit bahkan berhenti sama sekali sehingga pasien membutuhkan suntikan insulin tambahan untuk memecah glukosa menjadi energi ( diabetes tergantung insulin ).

Sedangkan pada DM tipe 2 usia muda, ditemukan cacat yang spesifik pada sel pulau langerhans di pankreas yang memproduksi insulin. Gejala dan kondisi ini hampir familiar dengan resistensi insulin yang terjadi pada diabetes tipe 2 secara umum.

Insulin yang dihasilkan pada tahap gejala diabetes di usia muda adalah sedikit bahkan tidak cukup jumlahnya untuk menjaga kadar gula darah normal. Seiring waktu yang berjalan di masa mendatang, para penyandang MODY ini akan membutuhkan suntikan insulin tambahan untuk meneruskan kehidupan selanjutnya

Penyebab Diabetes Usia Muda

Faktor keturunan dan genetika menjadi alasan utama, sebagai penyebab diabetes pada usia muda. Jika anda mempunyai saudara kembar dalam satu keluarga mengalami diabetes usia muda, maka anda memiliki peluang 50% terkena diabetes dengan tipe sama.

Jika anda terkena diabetes tipe 2 pada usia 11 tahun, hampir dipastikan saudara kembar anda akan mendapatkan resiko dengan penyakit yang sama. Akan tetapi, jika saudara kembar anda tidak mengidap penyakit MODY dalam kurun 5 tahun terakhir, maka resiko anda dengan MODY pun akan menjadi rendah.

Pencegahan diabetes usia muda

Hingga saat ini belum ditemukan cara pencegahan dan pengobatan terhadap faktor resiko diabetes usia muda. Akan tetapi, beberapa penelitian telah membuktikan pencegahan terhadap resiko diabetes di usia muda atau MODY dapat ditunda dengan melakukan olah raga yang terjadwal, perbaikan gaya hidup, meningkatkan pola makan yang benar dan minum obat.

Jika anda mendapati saudara kembar memiliki diabetes ini, sebaiknya anda harus sering melakukan uji kadar glukosa darah dengan segera setelah muncul beberapa gejala yang relevan sehingga diabetes dapat dideteksi dan diobati lebih dini. Kunjungi dokter secara rutin guna mendapatkan perawatan untuk mencegah gejala-gejala lain yang tidak menyenangkan

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

Tags: #Diabetes Anak