Penyebab DM Tipe 1 dan 2

333 views

Faktor Penyebab Diabetes Melitus  Tipe 1 dan 2. Meskipun beberapa penelitian yang telah dilakukan di seluruh dunia, penyebab diabetes tipe 1 atau 2, dan belum diketahui secara jelas.

Beberapa ilmuwan menduga bahwa ada virus tertentu yang merusak sel beta pankreas, akan tetapi sampai saat ini bukti penelitian masih lemah dan teori ini mungkin belum tentu benar – masih dalam penyelidikan dan penelitian para ahli medis.

Penyebab diabetes  tipe 1

Beberapa penelitian telah membuktikan secara ilmiah, bahwa penyebab diabetes tipe 1 adalah gangguan autoimun dan faktor genetik.

Diabetes tipe 1 biasanya terjadi pada usia muda. Kondisi ini muncul secara tiba-tiba dan suntikan insulin tambahan hampir selalu diperlukan dengan segera setelah pasien didiagnosis, maka orang menyebutnya sebagai diabetes pengguna insulin atau diabetes tergantung insulin, atau lebih umum dengan sebutan diabetes tipe 1.

Beberapa faktor utama yang menjadi penyebab diabetes tipe 1antara lain adalah :

1. Gangguan autoimun

Diabetes tipe 1 adalah sekelompok kondisi yang dikenal sebagai gangguan autoimun karena antibodi tubuh menyerang berbagai organ dan mengganggu fungsi normal sehingga banyak penelitian mengatakan bahwa gangguan autoimun adalah salah satu penyebab utama diabetes tipe 1.

Protein adalah komponen sebagai antibodi yang dibentuk oleh tubuh, menyerang bagian-bagian tertentu dari tubuh termasuk kelenjar endokrin (kelenjar penghasil hormon) sehingga antibodi tersebut mengganggu produksi hormon dan biasanya sering mengakibatkan kegagalan pada kelenjar tertentu.

Pada diabetes tipe 1, antibodi yang dibentuk oleh tubuh adalah menyerang sel-sel pulau Langerhans pada pankreas dimana sel-sel ini yang bertanggung jawab sebagai produsen insulin.

Jadi, orang yang menderita diabetes tipe 1 juga dapat dikatakan bahwa dia mengalami gangguan endokrin autoimun. Contoh lain dari gangguan endokrin autoimun adalah penyakit tiroid dan Addison (kegagalan kelenjar adrenal).

Gangguan autoimun lain yang terkait dengan penyebab yang sama dengan diabetes mellitus tipe 1 adalah : anemia pernisiosa (kegagalan untuk menyerap vitamin B12), penyakit celiac (gluten-sensitif), dan vitiligo (kelainan pigmen kulit).

Meskipun kelompok gangguan autoimun ini dalam kondisi dan penyebab yang sama, tetapi sangat jarang bagi pasien untuk memiliki lebih dari dua gangguan tersebut. Penyakit seperti biasa muncul dan terjadi dalam sebuah keluarga atau faktor genetik.

2. Faktor genetik

Keturunan adalah faktor ke dua dari penyebab diabetes tipe 1. Jika Anda adalah satu-satunya anggota keluarga yang menderita diabetes tipe 1, tidak ada yang Anda bisa dilakukan.

Jika Anda memiliki orang tua atau saudara (adik atau kakak) dengan diabetes tipe 1, kemungkinan resiko diabetes dapat diprediksi.

Namun, pencegahan diabetes melitus tipe 1 yang akan terjadi pada seseorang yang berisiko masih belum diketahui hingga sekarang.

Berbagai studi telah meneliti kemungkinan pencegahan diabetes melitus tipe 1 pada orang berisiko. Penelitian ini dilakukan di Oxford, mempelajari saudara dan orang tua dari anak-anak dengan diabetes melitus tipe 1.

Beberapa keluarga pasien memiliki antibodi terhadap sel-sel pankreas yang memproduksi insulin (antibodi Langerhans sel islet) dan anak-anak mereka memiliki tinggi risiko dengan diabetes melitus tipe 1.

Anak-anak yang berisiko diberikan dengan nicotinamide dan diharapkan dapat mengurangi risiko diabetes melitus. Tapi hasilnya mengecewakan.

Nicotinamide tidak bisa melindungi anak-anak ini dari diabetes melitus tipe 1. Sampai saat ini, meskipun orang telah diidentifikasi berisiko diabetes tipe 1, namun tetap belum ada cara untuk mencegah jika sudah terjadi kerusakan pada sel-sel pankreas.

Jika ayah Anda dengan diabetes tipe 1, maka risiko diabetes berada di antara 5-10%, dan jika ibu Anda dengan diabetes tipe melitus tipe 1, maka Anda berada pada risiko diabetes antara 2-3%.

Jika kedua orang tua Anda dengan diabetes tipe 1, maka Anda berada pada risiko diabetes pada sebesar 30%. Namun, diabetes melitus tipe 1 biasanya jarang timbul untuk semua anggota dalam satu keluarga dan hanya sekitar 10% dari penderita diabetes yang memiliki kerabat dekat dengan kondisi yang sama.

Pada 1970-an, diketahui bahwa beberapa keluarga menderita diabetes pada masa remaja atau usia dua puluhan dan sekitar 50% dari anggota keluarga tersebut terkena dampaknya.

Ini menunjukkan, ada semacam warisan tertentu dari diabetes melitus (dominan automosal), dan ditemukan pada anggota keluarga dari orang-orang dengan diabetes memiliki cacat tertentu pada sel pankreas yang memproduksi insulin.

Penelitian pada orang dengan diabetes mellitus tersebut telah meningkatkan pemahaman kita tentang penyebab diabetes mellitus tipe 1.

Tes Genetik hanya dilakukan sebagai bagian dari proyek penelitian karena tidak ada cara untuk mencegah diabetes pada orang yang berisiko dengan diabetes melitus.

Ada bukti bahwa anggota keluarga yang berisiko dengan penyakit diabetes melitus dapat menunda timbulnyapenyebab diabetes tipe 1dengan melakukanolahraga secara teratur, menurunkan berat badan, dan minum obat.

Anda harus melakukan tes gula darah dengan segera jika setelah ada gejala diabates melitus relevan yang mulai muncul sehingga penyakit ini dapat dideteksi dan diobati secara dini.

Penyebab diabetes tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 terjadi meskipun pankreas masih mampu mesekresikan insulin, namun sebagian atau seluruh tubuh tidak sensitif terhadap insulin yang disekresikan pankreas. Hal ini sering disebut sebagai resistensi insulin.

Pankreas menganggap bahwa tubuh butuh insulin banyak dengan mengeluarkan lebih banyak insulin, kondisi ini disebut hiperinsulinemia.

Orang dengan hiperinsulinemia dan resistensi insulin akan mengembangkan penyakit diabetes tipe 2 ketika pankreas gagal saat mensekresi insulin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Secara umum, diabetes tipe 2 biasanya didiagnosis di usia dewasa, biasanya setelah usia 45 tahun. Dulu, penyakit ini pernah disebut diabetes melitus usia dewasa, atau diabetes tidak tergantung insulin.

Sekarang, nama-nama tersebut tidak lagi digunakan karena diabetes tipe 2 juga terjadi pada orang muda yang disebut MODY (Maturity Onset Diabetes Of The Young – diabetes tipe 2 usia muda) dan beberapa orang dengan diabetes tipe 2 membutuhkan terapi insulin.

Beberapa penyebab penyakit diabetes melitus tipe 2 adalah sebagai berikut:

1. Faktor genetik. Diabetes tipe 2 memiliki kaitan genetik yang kuat, sehingga cenderung berjalan dalam sebuah keluarga. Beberapa gen telah dikaitkan dengan penyebab penyakit diabetes melitus ini, dan banyak studi yang meneliti tentang kaitan keturunan dengan diabetes tipe 2.
2. Tekanan darah tinggi
3. Tingkat trigliserida tinggi (lemak) dalam darah
4. Pernah mempunyai riwayat diabetes gestasional atau melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg.
5. Menyukai makanan tinggi lemak
6. Gemar minum minuman beralk0hol yang tinggi
7. Gaya hidup yang buruk, seperti suka begadang, pola makan makan yg buruk, dll
8. Obesitas atau kelebihan berat badan
9. Usia penuaan. Orang dengan semakin usia bertambah maka akan meningkat pula risiko diabetes tipe 2. Risiko mulai menampakkan gejala pada usia 45 tahun, namun risiko akan semakin tinggi ketika mereka berada di setelah usia 65 tahun.

Pencegahan dan penanganan diabetes melitus tipe 2 biasanya dikontrol dengan diet diabetes ketat, penurunan berat badan, olahraga teratur, atau diberikan obat oral penurun gula darah.

Lebih dari separo dari penyandang diabetes tipe 2 sering butuh insulin untuk mengontrol gula darah, selama menjalani penyakit mereka, dan sebagian lagi tidak butuh insulin – hanya dengan diet ketat dan perbaikan gaya hidup.

Artikel Diabetes Melitus Lainnya

  • Diabetes Pada Orang KurusDiabetes Pada Orang Kurus Apa saja penyebab diabetes  pada orang kurus. Mengapa orang kurus bisa menderita diabetes? Diabetes tidak hanya berpotensi menyerang pada orang obesitas. Tetapi, diabetes juga bisa menimpa […] Posted in Diabetes Tipe 2
  • Diabetes Tipe 2 Karena Induksi ObatDiabetes Tipe 2 Karena Induksi Obat Penyebab DM Tipe 2 Karena Induksi Obat. DM tipe 2 dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu. Beberapa obat disinyalir telah meningkatkan kadar glukosa darah yang menyebabkan […] Posted in Diabetes Tipe 2
  • Ciri-Ciri Diabetes Pada Bayi Baru LahirCiri-Ciri Diabetes Pada Bayi Baru Lahir Gejala dan ciri-ciri diabetes pada bayi baru lahir. Diabetes neonatal adalah tipe penyakit diabetes melitus tipe langka yang muncul pada bayi baru lahir akibat beberapa gen mengalami […] Posted in Blog Diabetes Indonesia
  • Komplikasi Diabetes EpilepsiKomplikasi Diabetes Epilepsi Komplikasi Diabetes Epilepsi. Apakah diabetes dapat menyebabkan epilepsi? Hubungan diabetes tipe 1 dengan epilepsi bisa terjadi dikaitkan dengan hipoglikemik atau hipergliemik parah, […] Posted in Diabetes Tipe 1

Tags: #Penyebab Diabetes #Penyebab Diabetes Tipe 1 #Penyebab Diabetes Tipe 2